Magetan

Rehabilitasi Kubah GOR Ki Mageti, Atap Baru Spek Lama

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Perbaikan atap GOR Ki Mageti, Magetan, tambal sulam. Spesifikasi tegola masih mempertahankan jenis yang dipakai kala gedung itu dibangun 2007 silam. ‘’Kerangkanya masih kuat, kami hanya mengganti atapnya,’’ kata Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Magetan Endang Ambarwati.

Endang mengungkapkan, daya tahan atap sejatinya bisa lebih dua dekade. Terlepas faktor usia, pemasangan tegola terdapat kesalahan oleh pelaksana proyek itu 13 tahun silam. Proses pelelehan aspal tidak baik. Plastik penutup hardplex juga tidak dilepas. Akibatnya, rangkaian lapisan tidak menempel sempurna. ‘’Akhirnya tidak tahan lama,’’ ujarnya.

Dia menyebut, tegola yang dipakai impor Italia. Spesifikasinya umum digunakan untuk atap gedung olahraga. Selain menahan panas, juga dapat meredam suara. Bahan yang ringan memudahkan pemasangan tegola pada kubah GOR setinggi 20 meter itu. ‘’Apalagi, atapnya kan juga lebar,’’ terangnya.

Disdikpora menarget rehabilitasi atap senilai Rp 3,2 miliar ini rampung 22 Desember mendatang. Sepuluh ahli pemasangan dikerahkan. Hingga pekan ini, Endang menyebut progres pemasangan sudah 19 persen. Capaian itu surplus dua persen dari target. ”Meski cepat, kami tetap pantau. Pemasangannya harus pas,” tegasnya.

Meski on the track, disdikpora mengkhawatirkan datangnya musim penghujan. Hasil rapat evaluasi, faktor cuaca dapat memengaruhi target penyelesaian pekerjaan. ‘’Kami sudah memperhitungkan sebisa mungkin on time,’’ ucapnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button