Madiun

Rehab Puskesmas Sumbersari Digelontor Rp 4,9 Miliar

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Puskesmas Sumbersari, Gemarang, digelontor Rp 4,9 miliar dari pemerintah pusat. Fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) itu mendapat dana alokasi khusus (DAK) 2021. ‘’DAK fisik itu untuk rehab bangunan rawat jalan dan rawat inap,’’ kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Madiun Widya Wardani, Sabtu (28/8).

Puskesmas Sumbersari merupakan satu-satunya fasyankes yang tersentuh pembangunan fisik dari DAK tahun ini. Sebab, bangunan lama diklaim sudah tidak lagi sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. ‘’Prinsipnya adalah untuk lebih memaksimalkan pelayanan kesehatan pada masyarakat,’’ ujarnya.

Widya mengungkapkan, puskesmas kerap tergenang ketika musim penghujan. Pasalnya, kondisi bangunan lebih rendah dibandingkan dengan badan jalan. Lokasi puskesmas ini juga lumayan jauh dari RSUD Caruban. ‘’Fokus rehab untuk IGD, farmasi, poli umum, dan poli gigi. Juga ruang rawat jalan dan rawat inap dengan masing-masing sekitar 10 tempat tidur,’’ terangnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button