Madiun

Rehab Pujasera Pasar Sleko Dianggarkan Rp 3 Miliar

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Para pedagang di pujasera Pasar Sleko merana. Salah seorang di antaranya Marlan. Pedagang tepo tahu telur ini harus memindahkan bangku warungnya setiap kali turun hujan. Sebab, atap bangunan pujasera persis di atas warungnya menganga.

Kondisi itu sudah berlangsung sejak dua tahun terakhir. Seingatnya hanya sekali diperbaiki. Itu pun setelah pedagang melapor puluhan kali pada kepala Pasar Sleko. ‘’Kabarnya tahun ini mau ada rehab. Tapi tidak tahu kapan persisnya,’’ kata Pak Lan, sapaannya, Selasa (21/1).

Akibat jebolnya atap itu, warung Pak Lan rusak karena selalu kehujanan. Tak hanya itu, air hujan hampir selalu menggenang. Sebab, selokan di depan maupun belakang warungnya tidak berfungsi dengan baik. ‘’Kalau siang pas cerah pelanggan pasti kepanasan. Kalau hujan jarang ada yang datang,’’ keluh Pak Lan yang sudah berjualan 18 tahun di Pasar Sleko.

Tidak hanya Pak Lan, para pedagang lain di pujasera Pasar Sleko juga bernasib serupa. Sebab, atap bangunan pujasera banyak yang bolong di beberapa titik. Bahkan, sejumlah pedagang terpaksa menutup lapaknya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun Jariyanto membenarkan pujasera Pasar Sleko akan segera direhab. Saat ini masih persiapan awal. ‘’Tahap perencanaan kira-kira butuh waktu dua bulan,’’ kata Jariyanto.

Usai tahapan perencanaan, dilanjutkan lelang pada pihak penyedia jasa konstruksi. Setelah ada pemenangnya dan teken kontrak, rehab bisa dilakukan. ‘’Proses rehab kami targetkan selesai lima bulan,’’ ujarnya.

Rehab Pasar Sleko awalnya dianggarkan sekitar Rp 5 miliar. Namun dipangkas jadi Rp 3 miliar. Sebab, anggarannya dibagi untuk pembangunan pasar tanaman hias di Jalan Mayjend Panjaitan, samping kantor bersama Pemkot Madiun. ‘’Untuk pujasera dianggarkan Rp 2 miliar, sedangkan Rp 1 miliar untuk kios buah Pasar Sleko,’’ paparnya. (mg3/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close