AdvertorialPonorogo

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional Ke-112

Bangkit dari Pandemi dengan Semangat Persatuan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pemkab Ponorogo siapkan berbagai upaya agar masyarakat dapat bangkit dari pandemi Covid-19 dengan semangat persatuan. Selain menekan potensi penyebaran virus korona, masyarakat juga diberi stimulus bantuan untuk bertahan. ‘’Ponorogo pasti bisa bangkit dari pandemi,’’ kata Bupati Ipong Muchlissoni kemarin (19/5).

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-112 hari ini (20/5) diperingati di tengah situasi pandemi. Menurut Ipong, masyarakat harus terus bersatu melawan korona, niscaya pandemi akan dapat dilalui. ‘’Memutus mata rantai penularan korona adalah hal utama yang harus dilakukan,’’ ujarnya.

Pertama, mengendalikan para pemudik nekat. Satgas di desa-desa dan kelurahan berperan aktif mengawasi, mendata, dan mengambil langkah yang diperlukan. ‘’Pendatang atau pemudik, apalagi yang dari tempat khusus seperti Temboro, atau para pekerja migran dari luar negeri, harus isolasi di tempat yang disediakan pemerintah,’’ tegas bupati.

Kedua, satgas tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten melacak kasus positif Covid-19 secara cepat dan tepat. Ketiga, pemkab juga telah mengupayakan percepatan penyiapan fasilitas dan alat-alat untuk mencegah penularan. Termasuk alat rapid test.

Langkah keempat, termasuk dalam strategi daerah untuk bisa bangkit dari pandemi Covid-19. Yakni, menyiapkan berbagai bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi. Tak hanya dari daerah, tapi juga dari pusat, provinsi, hingga desa. ‘’Harapannya, mereka kelak bisa bangkit ketika pandemi mereda,’’ tutur Ipong.

Kelima, daerah mulai melonggarkan aktivitas ekonomi masyarakat. Seperti pasar tradisional, warung, atau tempat umum lainnya. Namun, tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Keenam, pemkab akan mencari dan memaksimalkan sumber perekonomian masyarakat. Contoh positifnya, program penanaman yang melibatkan masyarakat seperti di Pakistan. ‘’Yang terpenting, semangat persatuan harus terus dipupuk untuk bisa bangkit dari pandemi ini,’’ ujarnya. (naz/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close