AdvertorialMadiun

Rebuilding Pasar Mlilir Sudah Separo Jalan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Lobi Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disperdakop-UM) Kabupaten Madiun terhadap pemerintah pusat membuahkan hasil. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengucurkan dana tugas pembantuan (TP) untuk membangun ulang Pasar Mlilir, Dolopo, di sisa tahun ini. ‘’Anggarannya Rp 1,9 miliar,’’ kata Kepala Disperdakop-UM Kabupaten Madiun Indra Setyawan Minggu (1/11).

Rehabilitasi bangunan pasar terdiri 35 kios itu dimulai awal Oktober lalu. Diawali perobohan, kini kerangka bangunan anyar mulai terlihat. Rekanan pelaksana bersiap menyentuh bagian atapnya. ‘’Progresnya sudah 50 persen dari target selesai Desember nanti,’’ ujarnya.

Menurut Indra, rebuilding Pasar Mlilir urgen. Menilik usia bangunan yang cukup tua. Kondisi itu memunculkan kesan kumuh dan usang. ‘’Pengajuan TP ke Kemendag sudah beberapa tahun lalu. Tahun ini terealisasi,’’ ungkapnya.

Selain kondisi bangunan, pemilihan Pasar Mlilir sebagai penerima TP mempertimbangkan kewilayahan. Lokasinya berada di sisi selatan yang berbatasan dengan Ponorogo. Di sisi lain, grafik aktivitas jual-beli terbilang membaik. ‘’Semoga nantinya lebih mampu mendongkrak perekonomian. Pedagang punya tempat berjualan lebih representatif dan pembeli juga nyaman,’’ paparnya.

Diketahui, disperdakop-UM lebih dulu merehabilitasi bagian muka Pasar Mlilir. Selain deretan kios tertata rapi, halamannya juga telah dipaving. Bagaimana nasib para pedagang yang kiosnya dibangun ulang? ‘’Kebanyakan memilih berjualan di rumah. Sebagian kecil ditata di tempat yang memungkinkan seperti halaman pasar,’’ ucap Indra. (den/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close