Advertorial

Rebuilding Pasar Besar Ngawi Resmi Dimulai

Dua Lantai dengan Sentuhan Modern

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Impian warga Ngawi memiliki pasar tradisional yang representatif segera terwujud. Pasar Besar Ngawi (PBN) mulai Senin (7/12) resmi direvitalisasi. PBN baru sengaja dibuat dua lantai dan berkonsep modern.

Dimulainya proses pembangunan kembali PBN ditandai groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono. ‘’Sudah lama Ngawi memimpikan perubahan pasar ini menjadi lebih baik dan representatif,’’ kata Kanang.

Menurut dia, sudah saatnya PBN di-rebuilding (dibangun kembali). Selain usianya sudah hampir 30 tahun, kondisinya kini sudah tidak representatif untuk kegiatan jual beli. ‘’Kondisi itu (tidak layak, Red) yang dilihat pemerintah pusat dan akhirnya memberikan proyek pembangunan ulang PBN tahun ini,’’ jelasnya.

Kanang menargetkan, proyek senilai Rp 73,4 miliar itu rampung tepat waktu. Sesuai kontrak, PT PP Urban selaku penyedia jasa diberikan waktu 360 hari kalender untuk menyelesaikan proyek tersebut. Dengan tambahan 180 hari kalender untuk masa pemeliharaan. ‘’Akhir Oktober tahun depan harus sudah selesai,’’ tegasnya.

Dia menyebut, pada 2022 mendatang semua pedagang yang saat ini berjualan di tempat relokasi harus sudah dipindahkan. Jika akhir Oktober bisa dilakukan serah terima barang, sebulan berselang pedagang dapat boyongan. ‘’Harapan kami, Desember 2021 pasar sudah bisa beroperasi lagi,’’ tutur Kanang.

Berdasarkan data umum yang disampaikan, PBN baru kelak masuk kategori pasar tipe I dengan daya jumlah pedagang di atas 750. Lokasi berjualan di lantai dasar dirancang sebanyak 105 kios dan 148 los. Sedangkan di lantai I ada 185 kios dan 236 los. Pasar diproyeksikan dapat menampung 1.200 pengunjung. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button