Ngawi

Realisasi Investasi di Ngawi Surplus 63,7 Persen

Terangkat Investor Kakap

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Iklim investasi di Ngawi semakin menggeliat. Indikasinya, realisasi target investasi daerah setempat sejak beberapa tahun terakhir terus meningkat. Bahkan, sepanjang 2019 –data hingga November- mampu menembus angka 163,7 persen. ‘’Ini patut disyukuri,’’ kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ngawi Esti Wahyuni Dwi Suprapti Senin (30/12).

Tahun ini pihaknya ditarget investasi sebesar Rp 204 miliar. Hasilnya, hingga November lalu realisasinya sudah menembus angka Rp 334 miliar. Sementara, tahun sebelumnya capaian tercatat Rp 201 miliar. ‘’Tahun ini meningkat 50 persen lebih,’’ ujarnya.

Menurut Esti, realisasi tahun ini melonjak drastis karena ada beberapa investor kelas kakap yang masuk Ngawi. Di antaranya, perusahaan swasta asal Jakarta yang hendak mendirikan pabrik pakan ternak di Sidolaju, Widodaren. ‘’Investor skala besar yang berniat menamamkan modalnya di Ngawi itu sulit diprediksi,’’ sebutnya.

Sejatinya jika ditunjang promosi melalui DPMPTSP provinsi maupun Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), angka investasi di Ngawi bisa jauh lebih tinggi. Permasalahannya, saat ini pihaknya masih terkendala aturan tentang rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) maupun rencana detail tata ruang kecamatan (RDTRK).

Esti menuturkan, hingga saat ini Ngawi belum memiliki aturan-aturan tersebut untuk pengembangan kawasan industri. ‘’Jadi, investor yang masuk selama ini kebanyakan hanya melalui informasi yang berkembang, bukan karena promosi kami,’’ bebernya sembari menyebut dari total investasi yang masuk setahun terakhir mampu menyerap 4.695 tenaga kerja dari 1.078 jenis usaha.

Diakuinya, realisasi target investasi 163,7 persen itu masih kalah dengan sejumlah daerah tetangga. ‘’Kendalanya soal dasar hukum. Kalau semua sudah beres dan kami bisa melakukan promosi, saya yakin investasi di Ngawi bisa lebih besar lagi,’’ ucapnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close