Ponorogo

Ratusan Mahasiswa Demo Gedung Kosong

Tuntut UU Cipta Kerja Dicabut

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Para mahasiswa di Ponorogo buktikan ancamannya. Mereka kembali berunjuk rasa (unras) menolak UU Cipta Kerja dengan masa lebih besar Kamis (8/10). Aksi demo serupa sehari sebelumnya (7/10) hanya diikuti tujuh mahasiswa.

Bahkan, unras kemarin berlangsung sejak pagi hingga sore. Tiga gelombang mahasiswa menggelar aksi di depan gedung DPRD Ponorogo. ‘’UU Cipta Kerja menyengsarakan rakyat,’’ tegas Ketua Pimpinan Cabang Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Ponorogo Kharis Albastomy.

Ratusan mahasiswa PMII mulai berdatangan sekitar pukul 09.00. Mereka berorasi dan menggelar aksi teatrikal salat jenazah di depan gedung parlemen. Massa hendak menemui anggota DPRD untuk mediasi. Aksi dorong nyaris berujung ricuh, antara mahasiswa dengan polisi yang menjaga gedung dewan.

Kharis menuding UU Cipta Kerja tidak berpihak pada buruh. Sebaliknya, berpotensi melanggengkan investor asing mengeruk duit di tanah air. Termasuk membuka lahan untuk usaha mereka. ‘’Yang katanya penyederhanaan usaha ini sebenarnya memberi kebebasan pada korporasi, termasuk membuka lahan seluas-luasnya,’’ teriaknya.

Mahasiswa mendesak DPRD menyampaikan aspirasi mereka ke pemerintah pusat untuk mencabut UU Cipta Kerja. PMII juga tegas mendorong upaya judicial review UU tersebut. Lantaran tak bertemu Ketua DPRD Sunarto, Kharis mengancam akan datang dengan massa lebih besar. ‘’PMII menolak UU Cipta Kerja, karena hanya oligarki yang diuntungkan,’’ bebernya.

Siangnya, giliran Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ponorogo beraksi. Sedangkan sorenya Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI). Plt Sekretaris DPRD Ponorogo Harjono yang akhirnya menemui para mahasiswa. ‘’Saat ini anggota DPRD tidak ada di tempat karena sedang kunjungan kerja,’’ katanya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close