AdvertorialNgawi

Ratusan Kades Terpilih Dilantik di Benteng Pendem

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono akhirnya melantik kepala desa (kades) hasil pilkades serentak Juni 2019 lalu. Sebanyak 177 kades terpilih dari jumlah total 178 orang diambil sumpahnya dalam kegiatan pelantikan di Benteng Van Den Bosch Kamis (17/10). ‘’Pelantikan ini merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh semua kades, karena memang sudah cukup lama menantinya,’’ kata Kanang.

Kanang menjelaskan, proses pelantikan sengaja diundur hingga beberapa bulan setelah pilkades. Salah satu alasannya karena pemkab ingin masa jabatan kades di Ngawi yang dilantik kemarin semua sama. Meski kades dari Desa Keras Kulon, Gerih, belum dilantik karena masa jabatannya baru habis pertengahan November mendatang. ‘’Yang jelas, ini jadi strategi kami supaya masa jabatannya bisa bareng,’’ ujarnya.

Kanang berharap, para kades baru tersebut langsung tancap gas. Pun, mulai hari ini sudah masuk kantor untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Dia menyebut, banyak tugas yang perlu diselesaikan para kades baru itu. Di antaranya, membuat perencanaan kegiatan tahun 2020 dan menyelesaikan program dana desa (DD) maupun anggaran dana desa (ADD) 2019. ‘’Karena ini sudah limit waktunya, mereka harusnya sudah sadar itu,’’ tegasnya.

Kanang juga meminta ratusan kades baru itu memaksimalkan kinerjanya. Sebab, tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Karena itu, jangan sampai setelah mendapatkan amanah jadi kades justru kinerjanya mengecewakan rakyat.

Pun, Kanang mewanti-wanti mereka agar bekerja sesuai dengan aturan dan amanah rakyat. ‘’Desa itu sekarang jadi konsentrasi penuh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, karena pembangunan itu diawali dari desa,’’ paparnya.

Pelantikan kemarin sengaja digelar di Benteng Van Den Bosch atau lebih dikenal dengan sebutan Benteng Pendem. Kanang menyebut, bangunan peninggalan Belanda itu memiliki filosofi dasar sebagai bentuk perjuangan melawan penjajah. Karena itu, diharapkan dengan memilih lokasi tersebut mampu memotivasi para kades dilantik untuk terus berjuang terutama dalam membangun desanya agar lebih baik lagi.

Selain pelantikan, kemarin juga digelar Parade Merah Putih sebagai bentuk dukungan masyarakat Ngawi atas pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button