Madiun

Ratusan Aset Pemkot Madiun Belum Bersertifikat

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Hingga saat ini masih ada 772 bidang tanah di Kota Madiun yang belum bersertifikat. Persentasenya relatif kecil, hanya 1,18 persen dari total 65.437 bidang. Jika bisa segera dituntaskan, kota ini bakal menjadi daerah pertama di Indonesia dengan predikat terlengkap atau 100 persen bidang tanah telah bersertifikat.

Dari total tersebut, 174 bidang milik warga, sedangkan 598 bidang aset pemkot. Untuk aset pemkot telah diusulkan tahun ini. Sebanyak 201 bidang di antaranya telah terbit sertifikatnya. Sementara 74 bidang dalam waktu dekat tuntas. Sedangkan 323 bidang saat ini proses pendataan. Data sementara, 91 bidang dobel pencatatan, 90 sertifikat sudah bersertifikat, serta beberapa bidang milik instansi lain.

Wali Kota Madiun Maidi menarget tuntas tahun depan. Berbagai upaya, mulai percepatan verifikasi lokasi tanah hingga mendatangkan warga lingkungan sekitar untuk validasi batas bidang tanah, dilakukan. ‘’Jangan sampai ada masalah yang dapat menghambat menuju seratus persen ini. Kita kurang satu persen, kita kebut,’’ kata Maidi, Jumat (1/10).

Maidi mengungkapkan, jika sertifikasi bidang tanah tuntas 100 persen, Kota Madiun bakal menjadi percontohan. Menurut dia, itu kabar baik bagi investor yang menanamkan modal di kota ini. ‘’Sudah legal aman, maka investor tidak ragu menanamkan modal di kota ini,’’ ujarnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button