News

Rasis Adalah Dan Contohnya

×

Rasis Adalah Dan Contohnya

Share this article

Rasis Adalah Dan Contohnya – , Jakarta Apa itu rasisme harus dipahami untuk menghindari dampak negatifnya. Rasisme terkait dengan rasisme yang menjadi masalah di berbagai negara. Rasisme muncul dalam berbagai bentuk dan bisa terjadi di banyak tempat.

BACA JUGA: Suporter Crystal Palace yang rasis terhadap Son Heung Min dilarang tampil di semua pertandingan selama 3 tahun

Rasis Adalah Dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan ras dapat menimbulkan konflik dan perpecahan di suatu tempat. Rasisme dapat terjadi pada individu, kelompok atau masyarakat. Rasisme harus dihindari demi menciptakan lingkungan yang inklusif dengan keberagaman.

Penyebab Rasisme Di Sekitar Kita, Apa Saja?

Indonesia sebagai negara dengan suku dan budaya yang berbeda harus menghindari perilaku rasis. Dengan menghindari rasisme, suatu negara bisa hidup berdampingan secara harmonis. Oleh karena itu, penting untuk mengenali apa itu rasisme.

Apa itu rasisme dapat dikenali dari perilaku dan sikap sehari-hari. Berikut pengertian apa itu rasisme, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/9/2021).

Ras mengacu pada kategori di mana masyarakat menempatkan individu berdasarkan karakteristik fisik seperti warna kulit, jenis rambut, bentuk wajah dan bentuk mata. Ras adalah gagasan bahwa orang dibagi menjadi kelompok-kelompok berbeda berdasarkan perbedaan fisik dan perilaku yang diwariskan.

Meskipun banyak yang percaya bahwa ras ditentukan oleh biologi, kini diterima secara luas bahwa sistem klasifikasi ini sebenarnya diciptakan karena alasan sosial dan politik. Sebenarnya terdapat lebih banyak perbedaan genetik dan biologis dalam kelompok ras yang ditentukan secara sosial dibandingkan antar kelompok yang berbeda.

Alasan Kenapa Orang Yang Rasis Kreativitasnya Lebih Rendah

Rasisme mengacu pada sikap rasis dalam masyarakat. Rasisme sering dikaitkan dengan konsep etnosentrisme, prasangka dan diskriminasi. Rasisme lahir dari kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang terkadang memandang hubungannya dengan orang lain dibatasi oleh perbedaan fisik.

Beberapa orang berpikir mereka lebih baik dari yang lain hanya karena warna kulitnya. Rasisme secara sederhana dapat dipahami sebagai seseorang yang berperilaku berbeda terhadap orang lain berdasarkan warna kulit atau budaya.

Beberapa orang didiskriminasi karena penampilan mereka berbeda atau bahasa mereka berbeda. Beberapa orang mengenakan gaya pakaian tertentu karena agama mereka dan mungkin tertindas karenanya. Ini semua adalah contoh rasisme.

Menurut KBBI, rasisme atau rasisme adalah keyakinan bahwa ras sendiri adalah ras yang lebih unggul. Rasisme menimbulkan prasangka berdasarkan asal negara dimana terdapat perlakuan yang bias terhadap negara (etnis) yang berbeda.

Pdf) Representasi Ideologi Supremasi Kulit Putih Dalam Iklan Televisi

Menurut Encyclopedia Britannica, rasisme adalah keyakinan bahwa manusia dapat dibagi menjadi unit biologis yang terpisah dan eksklusif yang disebut “ras”. Hal ini mencakup adanya hubungan sebab akibat antara ciri-ciri fisik yang diwariskan dengan kepribadian, intelektual, moral, serta ciri-ciri budaya dan perilaku lainnya.

Baca Juga  Himpunan Berikut Yang Merupakan Himpunan Kosong Adalah

Rasisme juga merupakan konsep pemikiran bahwa beberapa ras secara alami lebih unggul dari ras lainnya. Istilah ini juga berlaku untuk institusi dan sistem politik, ekonomi atau hukum yang melakukan atau melanggengkan diskriminasi berdasarkan ras atau memperkuat ketidaksetaraan ras dalam hal kekayaan dan pendapatan, pendidikan, layanan kesehatan, hak-hak sipil dan bidang lainnya.

Prof. Dr. Alo Liliweri, M.S. dalam bukunya Prasangka dan Konflik mendefinisikan rasisme sebagai ideologi yang didasarkan pada gagasan bahwa orang dapat dipisahkan menjadi kelompok ras; bahwa kelompok dapat diorganisasikan ke dalam tingkatan atau hierarki berdasarkan kecerdasan atau keterampilan, kemampuan, dan bahkan moral.

Dalam bukunya Hoakiau di Indonesia, Pramoedya Ananta Toer mengartikan rasisme sebagai paham yang menolak sekelompok orang berdasarkan ras lain. Rasisme terjadi atau dapat terjadi apabila suatu masyarakat mempunyai kelompok minoritas yang memiliki kelainan biologis yang umum terjadi pada anggota masyarakat tersebut, dan terjadi atau dapat terjadi karena kelompok kecil atau minoritas tersebut tidak dapat mempertahankan diri.

Rasisme Di Australia: Perbudakan Terhadap Aborigin

Menurut Oliver C. Cox, rasisme adalah suatu peristiwa, situasi yang menilai tindakan dan nilai yang berbeda dalam suatu kelompok berdasarkan perspektif budayanya yang memandang nilai-nilai sosial orang lain di luar dirinya sebagai salah dan tidak dapat diterima.

Menurut Daldjoeni, rasisme adalah suatu gagasan atau teori yang menyatakan bahwa adanya hubungan sebab akibat antara ciri-ciri fisik yang diwariskan dengan ciri-ciri tertentu baik dari segi kepribadian, intelektualitas, budaya atau kombinasi di antaranya sehingga menimbulkan superioritas ras tertentu terhadap ras lain.

Prasangka adalah antipati yang didasarkan pada generalisasi yang salah atau generalisasi yang tidak fleksibel. Antipati rasial mungkin dirasakan atau diungkapkan. Permusuhan ras dapat ditunjukkan secara langsung kepada kelompok atau individu dari kelompok tertentu.

Diskriminasi rasial adalah memperlakukan seseorang secara tidak adil berdasarkan rasnya. Diskriminasi ras dapat muncul dari sikap sadar atau tidak sadar yang menempatkan seseorang pada posisi yang dirugikan berdasarkan ras.

Pdf) Analisis Penerapan Nilai Pancasila Di Indonesia Rasisme

Kekerasan rasial adalah ancaman, ancaman, baik psikologis, sosial, atau fisik, yang ditujukan kepada individu atau kelompok suatu ras.

Stereotip adalah keyakinan seseorang dalam menggeneralisasikan ciri-ciri tertentu yang cenderung negatif terhadap orang lain. Stereotipe rasial ini terjadi karena pandangan seseorang terhadap perbedaan antar kelompok mungkin terlalu tinggi atau terlalu rendah sebagai karakteristik individu atau kelompok.

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silakan WhatsApp Fact Check nomor 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Baca Juga  Perempatan Jalan Adalah Contoh Garis Yang Saling

Tim Persebaya akan bertemu Rans Nusantara FC di Sleman Jumat besok, Ernando Ari dan Song Ui-Young siap bermain di kampus, artinya ⁠— Sejak Desember 2019, virus Corona mulai mengganggu seluruh dunia. Bagaimana itu bisa terjadi? Virus yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, China ini, hingga kini telah menginfeksi lebih dari 214.894 orang di 152 negara. Ibarat kartu domino, virus yang dikenal dengan nama COVID-19 ini menyebarkan ketimpangan di berbagai aspek kehidupan manusia. Ia juga menjadi alasan menguatnya diskriminasi, khususnya terhadap orang Tionghoa.

Apa Itu Rasis? Kenali Pengertian, Dan Bentuk Bentuknya

Tidak dapat dipungkiri bahwa rasisme selalu menjadi penghambat toleransi, terlebih lagi dengan hadirnya pandemi COVID-19 yang turut memperburuk keadaan. Oleh karena itu, artikel yang ditulis dalam rangka Hari Penghapusan Diskriminasi Rasial Sedunia ini akan membahas tentang dampak penyebaran virus Corona di berbagai belahan dunia berdasarkan aspek sosial.

Salon kecantikan di Pulau Phu Quoc, Vietnam, tidak menerima pelanggan dari Tiongkok karena kekhawatiran terhadap virus corona (sumber: Reuters/Sophie Carsten).

Adanya COVID-19 membuat masyarakat, sadar atau tidak, mulai rehat dari keramaian. Mereka menghindari mall, mal, pasar, kafe, dan tempat umum yang berpotensi menjadi hotspot penyebaran virus Corona. Tak hanya itu, mereka juga mulai menjaga jarak dengan individu lain. Apalagi dengan orang-orang keturunan Tionghoa atau Asia, baik yang tinggal di Eropa, Amerika, atau Asia sendiri.

Perasaan negatif yang diungkapkan terhadap masyarakat Wuhan dan Tiongkok pada umumnya semakin meluas dan menebal seiring dengan semakin banyaknya pasien yang mengidap Corona. Gelombang rasisme terhadap etnis Tionghoa juga menyebar, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Rasisme Kontruksi Sosial Budaya Masa Lalu

Dilansir CGTN, seseorang keturunan Tionghoa mengunggah foto orang tuanya di depan mobil di jejaring sosial Facebook. Kemudian foto tersebut mendapat komentar negatif. “Tinggallah di Tiongkok sampai flu benar-benar hilang. Terima kasih,” komentar salah satu warganet.

Kasus serupa juga terjadi di Inggris, berdasarkan artikel yang dimuat CNN Indonesia, orang yang ingin makan di restoran akan menanyakan apakah ada orang Tionghoa atau Asia yang bekerja di restoran tersebut. Jika diketahui ada warga negara China atau Asia yang bekerja di restoran tersebut, pelanggan tersebut akan meninggalkan restoran dan malu untuk makan di sana.

Tak hanya warga Tionghoa, diskriminasi rasial ini dialami hampir seluruh warga Asia. Pasalnya, Tiongkok merupakan negara di benua terbesar. Xenophobia atau ketakutan terhadap orang asing, khususnya orang Asia, mulai merambah ke negara-negara di benua tetangga.

Direktur regional Amnesty International, Nicholas Bequelin, mengatakan tindakan diskriminasi di seluruh dunia telah terjadi terhadap masyarakat Wuhan. Meski tidak tertular virus, kehadiran warga Wuhan selalu ditolak. Bahkan rumah warga yang diduga berasal dari Wuhan juga telah ditutup.

Baca Juga  Sebutkan Syarat Dalam Membuat Sebuah Paragraf

Rasisme Itu Senyap

Media besar BBC juga menyoroti fenomena menyedihkan ini, mereka mengatakan bahwa seorang warga, Shana Cheng, warga Paris keturunan Vietnam-Kamboja, mengatakan kepada BBC bahwa dia dipermalukan oleh seorang penumpang bus. “Itu gadis Tiongkok! Dia ingin menulari kita. Dia harus pergi,” ucapnya menirukan penumpang bus yang telah mempermalukannya.

Apalagi, orang-orang memandangnya dengan wajah menjijikkan seolah Shana terjangkit virus corona. Padahal, katanya, Shana pun tidak memiliki keturunan Tionghoa. Mendengarkan cerita Shana, saya sampai pada kesimpulan bahwa gelombang rasisme berada pada tingkat yang mendesak.

Selain contoh di atas, banyak juga kasus diskriminasi rasial yang dilaporkan, misalnya di Kanada, Perancis, Amerika, dan belum lagi spekulasi liar yang tersebar di media sosial. Sekarang dunia sepertinya orang Cina atau Asia adalah orang yang sama yang menyebarkan virus berbahaya ini.

Dari situasi yang terjadi, terlihat jelas bahwa rasa kemanusiaan mulai terkikis akibat wabah tersebut. Padahal, jika melihat kenyataan, tidak semua keturunan Tionghoa adalah orang Tionghoa (Tionghoa daratan). Faktanya, banyak dari mereka yang lahir dan besar di luar Asia. Mekanisme bela diri tidak bisa dijadikan alasan untuk bertindak sembarangan terhadap ras lain karena tidak semua (suku) Tionghoa berasal dari (negara) Tiongkok.

Mengapa Rasisme Menyebalkan?

Upaya preventif berupa pencegahan masuk dan jalur masuk virus harus dilakukan seperti memotong jalur udara atau transportasi dengan Tiongkok. Tapi lihatlah dengan siapa Anda berhadapan dan sadari itu. Tidak perlu melakukan tindakan merugikan yang merugikan ras tertentu, seperti perundungan atau ujaran kebencian. Mengutip Robby M di akun media sosialnya (@captainmoai), bersama-sama kita bisa mencegah penyebarannya. Bersatu, kita hentikan diskriminasi. Selamanya kami membela keadilan bagi semua orang. “Lawan virusnya! Bukan rakyatnya!”, Jakarta Apa itu rasisme dalam bahasa gaul mungkin lumrah di kalangan anak muda. Istilah rasis ini pun kerap muncul di media sosial. Hal ini terkait dengan rasisme yang juga menjadi permasalahan di berbagai negara.

Rasisme dapat menimbulkan konflik dan perpecahan di suatu tempat. Perilaku rasis ini dapat terjadi pada individu, kelompok, atau komunitas. Rasisme tentunya harus dihindari demi menciptakan lingkungan yang inklusif

Deposito adalah dan contohnya, resume adalah dan contohnya, franchising adalah dan contohnya, artificial intelligence adalah dan contohnya, tes toefl adalah dan contohnya, website adalah dan contohnya, crm adalah dan contohnya, erp adalah dan contohnya, investasi adalah dan contohnya, invoice adalah dan contohnya, afiliasi adalah dan contohnya, hosting adalah dan contohnya