Madiun

Rapid Test Gratis untuk Calon Mahasiswa

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Ketika daerah lain ribut-ribut biaya rapid test Covid-19, Kabupaten Madiun menggratiskan khusus untuk calon mahasiswa. Hasil tes itu belakangan dijadikan syarat mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) masuk perguruan tinggi negeri (PTN). ‘’Hanya untuk warga ber-KTP Kabupaten Madiun,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Madiun Soelistyo Widyantono Rabu (8/7).

Soelis, sapaan akrab Soelistyo Widyantono, menyebut tes cepat bisa dilakukan di puskesmas. Kebijakan rapid test gratis telah disampaikan ke seluruh kepala puskesmas lewat surat edaran. Kegiatan itu tidak akan memengaruhi ketersediaan alat rapid test di gudang. ‘’Stok masih banyak. Penggratisan berlangsung sampai tes UTBK selesai,’’ ujarnya.

Dia menjelaskan, tes cepat tanpa biaya bentuk dukungan pemkab dalam dunia pendidikan. Sebab, calon mahasiswa harus menunjukkan keterangan bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan rapid test. Meski gratis, pemohon wajib mengantongi tiga syarat. ‘’Menunjukkan KTP, nomor peserta UTBK, dan surat keterangan dari wilayah perguruan tinggi yang jadi tujuan,’’ urainya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button