Ngawi

Ranperda Perubahan APBD 2019 Disahkan

NGAWI – Setelah melalui proses pembahasan panjang, rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang perubahan APBD 2019 akhirnya disahkan. Pengesahan itu dilakukan setelah rapat paripurna DPRD dengan agenda jawaban bupati atas pandangan umum fraksi yang disampaikan dalam rapat sebelumnya.

‘’Akhirnya setelah melalui proses pembahasan, kami bisa menyelesaikan ranperda ini dalam waktu yang lebih awal,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko usai menutup rapat paripurna di gedung dewan Selasa (23/7).

Antok -sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- mengungkapkan, selama ini pihaknya melalui alat kelengkapan (alkap) DPRD telah berusaha dengan penuh semangat dan fokus dalam membahas ranperda perubahan APBD 2019. Pun, menginginkan pengesahan ranperda tersebut dapat dilakukan lebih awal. Menurut Antok, pembahasan ranperda perubahan APBD 2019 lebih awal menjadi nilai plus bagi pemerintah daerah. Sebab, masih ada waktu cukup untuk melaksanakan program kegiatan. ‘’Kami berharap, sisa waktu sekitar lima bulan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh eksekutif untuk mengejar sejumlah ketertinggalan. Terutama soal serapan APBD yang masih minim,’’ paparnya.

Antok juga berharap, kebijakan yang sudah diambil dan disepakati bersama dalam perubahan APBD 2019 bisa menutup sejumlah ketertinggalan itu. Pun, pemerintah daerah lebih efektif dalam menggunakan anggaran sehingga semua program kegiatan yang sudah dijadwalkan bisa terlaksana dengan baik dan sesuai target. ‘’Kami juga akan tetap menjalankan tupoksi kami sebagai legislatif agar harapan itu bisa terwujud,’’ tegasnya.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan, selama ini DPRD selalu mengingatkan pemerintah daerah mengenai efisiensi, efektivitas waktu, dan tepat sasaran program-progam eksekutif. Tidak terkecuali dalam pelaksanaan kegiatan di perubahan APBD 2019. Pun, pihaknya berjanji memanfaatkan waktu yang tersisa di tahun anggaran ini untuk melaksanakan kegiatan sesuai yang disarankan legislatif.

‘’Saya kira waktu yang tersisa sekarang lebih cukup dari tahun sebelumnya, karena pembahasan selesai lebih awal. Ini jelas menguntungkan kami, terutama dalam pengelolaan perubahan APBD 2019 nanti,’’ paparnya. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button