News

Rangkaian Gerakan Senam Lantai Terdiri Atas

×

Rangkaian Gerakan Senam Lantai Terdiri Atas

Share this article

Rangkaian Gerakan Senam Lantai Terdiri Atas – Jadi alat yang digunakan adalah lantai atau tikar. Senam lantai juga dikenal sebagai belajar bebas.

Senam sendiri dapat diartikan sebagai segala bentuk pendidikan jasmani yang diselenggarakan dengan cara menggabungkan gerakan-gerakan yang dipilih dan direncanakan secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu.

Rangkaian Gerakan Senam Lantai Terdiri Atas

Senam memiliki sistem tersendiri dan memiliki tujuan yang ingin dicapai seperti daya tahan, kekuatan, kelentukan, koordinasi atau dapat dikembangkan dan dibentuk prestasi, membentuk tubuh yang ideal dan menjaga kesehatan.

Perbedaan Headstand Dan Handstand Dalam Gerakan Senam Lantai

Senam merupakan kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan keterampilan motorik. Melalui berbagai aktivitas, Anda akan mengembangkan daya tahan otot, kekuatan, tenaga, fleksibilitas, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangan.

Saat Anda berpartisipasi dalam senam, Anda perlu memikirkan untuk meningkatkan keterampilan Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus dapat menggunakan keterampilan berpikir Anda secara kreatif untuk menyelesaikan masalah gerakan. Dengan cara ini Anda akan mengembangkan kemampuan mentalnya.

Gulungan ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, gulungan ke depan dimulai dari posisi berdiri dan dimulai dari jongkok. Langkah selanjutnya adalah maju berguling dengan awalan berdiri dan berjongkok.

Ia memutar badan ke belakang dan posisi badan harus membulat, artinya kaki ditekuk, lutut tetap diikat ke dada, dan kepala ditekuk hingga dagu bersandar di dada.

Rangkaian Gerakan Senam Lantai Terdiri Atas …a Lompatanb. Keseimbanganc. Putarand. A, B, Dan

Elastic roll adalah tubuh yang melompat ke atas dan ke depan, melempar kedua kaki dan mendorong kedua lengan.. Pengertian senam lantai dapat kita pahami dengan memahami konsep senam lantai dan manfaatnya bagi kelenturan tubuh. Dalam artikel yang membahasnya secara singkat ini, Anda dapat mempelajari apa arti senam lantai dan apa yang perlu Anda ketahui tentang senam lantai.

Senam lantai merupakan salah satu jenis senam yang termasuk dalam olahraga senam dan olahraga akrobatik. Artinya senam lantai merupakan salah satu olahraga yang dilakukan di atas lantai dengan gerakan khusus mirip gerakan akrobatik yang dinamis dan juga bervariasi.

Olahraga ini disebut juga senam lantai karena dilakukan di atas lantai yang dilapisi matras atau alas yang empuk yang digunakan untuk mencegah cedera pada lutut atau bagian tubuh lainnya saat senam lantai. Pengertian senam lantai yang juga sering disebut senam bebas ini dilakukan tanpa menggunakan alat atau alat bantu khusus.

Senam menggunakan luasan 12 m x 12 m di lantai, dimana dapat dipasang tikar berukuran 1 m. Hal ini dilakukan untuk mencegah cedera akibat kontak tubuh dengan lantai yang keras. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga keselamatan pesenam yang baru saja melakukan latihan atau rangkaian gerakan.

Baca Juga  Tujuan Instalasi Listrik Di Rumah-rumah Disusun Secara Paralel Adalah

Teknik Dasar Senam Lantai Bagi Pemula Dan Penjelasannya

Senam lantai ini memiliki elemen gerakan yang terdiri dari membalik, melompat dan berputar di udara, menopang tubuh dengan dua tangan atau kaki untuk menjaga posisi seimbang saat melompat maju atau mundur. Tidak ada perbedaan bentuk senam antara pesenam putra dan putri. Latihan lantai termasuk kayak, headstand, handstand, candlestand, jungkir balik, dan banyak lagi.

Meski terkesan sulit dilakukan, olahraga di lantai ini bermanfaat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Gerakan senam lantai yang dilakukan dengan mengandalkan kelenturan otot-otot tubuh ini juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh yang semula kurang proporsional, untuk memperbaikinya kembali. Tak hanya itu, dengan otot yang lebih lentur, tubuh pun bisa lebih leluasa bergerak.

Latihan lantai membutuhkan latihan khusus dengan pengawasan profesional untuk menghindari cedera. Selain olahraga, nutrisi yang tepat juga diperlukan agar tubuh tetap dalam kondisi prima dan lebih cepat pulih dari cedera. Apa latihan lantai favorit Anda? (YA) Apakah Anda menyukai buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku catatan Anda sendiri

130 Buku Siswa SD/MI Kelas VI 2. Perhatikan gambar dari samping! Pernyataan yang benar berdasarkan gambar tersebut adalah . . . . A. kedua kaki bertumpu pada jari kaki dan lengan lurus ke depan B. kedua lengan lurus ke atas C. kedua kaki mendatar di atas matras D. kedua kaki terbuka dan diletakkan di atas matras 3. Perhatikan urutan gerakan senam lantai berikut ini! 1) Angkat pinggul hingga kaki lurus. 2) Tempatkan kepala Anda di antara tangan Anda sampai bahu Anda menyentuh matras. 3) Posisi jongkok menghadap matras. Kedua telapak tangan diletakkan di atas matras. 4) Kembali ke jongkok, lengan terentang dan menghadap ke depan. 5) Putar tubuh ke depan hingga leher, punggung, dan pinggul menyentuh lantai. Urutan yang benar untuk melakukan lemparan ke depan dengan jongkok adalah …. A. 1)–2)–3)–4)–5) C. 2)–3)–5)–4)–1) B.1 )–2 )–4)–3)–5) D. 3)–1)–2)–5)–4) 4. Saat melakukan roll depan, terkadang badan jatuh ke samping. Keadaan ini terjadi karena . . . A. posisi lengan penopang tidak tepat B. penopang salah satu lengan tidak kuat C. kedua lengan tidak ikut melakukan perlawanan D. bahu tidak diletakkan di atas matras 5. Posisi lengan saat awal push-up dengan awalan squat adalah. . . . A. menghadap ke atas C. memegang lutut B. di dekat telinga D. dekat dengan dada 6. Yadi bersiap-siap untuk bergerak. Dia berlutut, menghadap kasur. Posisi kaki ditekuk, lutut ditekan ke dada, dan kepala diturunkan sehingga dagu dekat dengan dada. Dia membalikkan badannya ke depan. Ilustrasi menunjukkan langkah Yadi. . . . A. kaya C. gulung ke depan B. gulung elastis D. gulung ke belakang

Baca Juga  Ungkapan Tangan Kanan

Macam Gerakan Dasar Senam Irama

Olahraga aktif – Budaya Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 131 7. Saat melakukan gerakan mencambuk pada roller elastis, posisi kedua kaki benar. . . . A. terbuka lebar dan bengkok C. terbuka lebar dan lurus B. tertutup dan bengkok D. tertutup dan lurus 8. Perhatikan gambar di samping! Gambar menunjukkan baris di depan rol dan rol elastis pada posisinya. . . . A. mulai C. selesai B. siap D. istirahat 9. Perhatikan informasi ini! 1) Saat kedua kaki direntangkan, kedua lutut ditekuk. 2) Bahu tidak diletakkan di atas matras saat lengan ditekuk. 3) Kedua kaki dibuka/santai. 4) Postur tubuh kurang membungkuk. Kesalahan saat mengingat ditunjukkan dengan angka. . . . A. 1) dan 2) C. 2) dan 4) B. 1) dan 3) D. 3) dan 4) 10. Pada suatu pertandingan, pesenam melakukan gerakan senam di lantai. Tujuan seorang pesenam melakukan beberapa gerakan senam di lantai adalah . . . A. memperagakan gerak indah B. meningkatkan gaya gerak senam C. mempersulit gerak senam di lantai D. menambah kekuatan otot senam B. Jawab dengan benar! 1. Gerakan tubuh apa yang dilakukan saat berguling ke depan? 2. Bagaimana posisi tangan saat memulai roll depan? 3. Salah satu awalan dalam gerakan backspin adalah posisi squat. Bagaimana prosedur untuk memutar kembali ke posisi jongkok? 4. Jelaskan tiga kesalahan saat membuat lumpia! 5. Jelaskan urutan guling bolak balik!

132 Penilaian Ketrampilan Kegiatan Buku Siswa SD/MI Kelas VI Saksikan video yang disiapkan guru tentang guling maju, mundur, dan elastik. Ikuti perkembangan tayangan video. Lakukan kegiatan ini bersama teman. Kembangkan tanggung jawab, disiplin dan sportivitas melalui kegiatan ini. Memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan. Anda telah mempelajari materi gerakan dominan dalam senam lantai. Setelah mempelajari materi ini, Anda dapat memahami pentingnya mempelajari gerakan dominan untuk senam lantai. Apakah Anda dapat menerapkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari? 1. Apa manfaat mempelajari materi gerak dominan pada senam lantai? 2. Materi apa yang paling mengesankan bagi Anda? Berikan alasan! 3. Sikap positif apa yang dapat anda peroleh dari mempelajari materi gerak dominan pada senam lantai? Mempraktikkan berbagai gerakan dominan, bersandar, memantul, berputar, dan mendarat dengan maju, mundur, dan lumpia Deskripsi: Uji keterampilan dan ketangkasan Anda dengan berguling ke depan, ke belakang, dan lumpia. Sasaran: Kuasai gerakan menggulung ke depan, ke belakang, dan elastis. Fasilitas dan infrastruktur: Kasur. Arah: 1. Rentang gerak yang dominan, istirahat, push-up, memutar dan lunge ke depan, dengan jongkok dan/atau berdiri.

Baca Juga  Berikut Ini Yang Merupakan Tari Kreasi Baru Adalah

Olahraga Aktif – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 133 2. Rangkaian gerakan dominan, membungkuk, mendorong, memutar dan mendarat pada guling belakang dengan awalan jongkok dan/atau berdiri. 3. Serangkaian gerakan dominan, relaksasi, memantul, memutar dan mendarat pada penyangga elastis. Pelaksanaan: 1. Lakukan serangkaian gerakan dominan, istirahat, memantul, berputar, dan mendarat dengan guling ke depan, awalnya berdiri dan jongkok. 2. Lakukan serangkaian gerakan dominan, istirahat, memantul, berputar dan mendarat telentang, awalnya berdiri dan jongkok. 3. Lakukan serangkaian gerakan dominan, istirahat, memantul, berputar, dan mendarat di atas penyangga elastis. 4. Lakukan kombinasi pengguliran maju dan mundur. 5. Lakukan kombinasi gulungan maju, mundur dan elastis. Setelah menyelesaikan latihan gerakan, jawablah pertanyaan berikut. 1. Apakah Anda merasa kesulitan untuk mempraktikkan gerakan-gerakan tersebut? Gerakan apa yang masih sulit dilakukan? 2. Bagaimana menurut Anda kepraktisan diimplementasikan di lapangan? Anda telah mempelajari gerakan senam yang dominan. Silakan beri tanda centang (√) pada kolom Ya atau Tidak pada tabel ini untuk menilai pemahaman Anda tentang materi ini. Nama Mahasiswa : Kelas/Nomor Kehadiran : Materi Dasar : Tanggal : No. Aspek Pengetahuan Ya Tidak 1. Mampu menjelaskan urutan gerakan dominan, istirahat, push-off, belok dan pendaratan roda depan.

134 SD/MI Buku VI bab untuk siswa no. Aspek pengetahuan Ya Tidak 2. Mampu menjelaskan rangkaian gerak dominan, istirahat, melompat, berputar dan mendarat telentang. 3. Mampu menjelaskan rangkaian gerakan dominan, istirahat, push up, putar dan mendarat di atas tumpuan

Gerakan Dominan Dalam Senam Lantai

Rangkaian gerakan senam, gerakan dalam senam irama yang baik terdiri dari, gerakan dasar senam lantai, macam2 gerakan senam lantai, teknik gerakan senam lantai, macam gerakan senam lantai, gerakan gerakan senam lantai, rangkaian gerakan senam lantai, rangkaian gerakan senam irama, rangkaian gerakan senam aerobik, 5 gerakan senam lantai, contoh gerakan senam lantai