Madiun

Rangga Hadi Konseptor Bus Kafe Keliling Kota

Tetap Bertahan, Sempat Jualan Mi Ayam

Rangga Hadi Pranata sosok di balik tercetusnya transbuck bus cafe. Bus pariwisata yang disulap menjadi kafe keliling kota. Setelah tiga bulan lebih ngandang di garasi tersebab pandemi.

ASEP SYAEFUL BACHRI, Jawa Pos Radar Madiun

RANGGA masih terbayang saat perjalanan wisatanya ke Bali ditangguhkan. Tepat sehari setelah tiba di Pulau Dewata. Busnya saat itu disewa rombongan salah satu SMAN di Kabupaten Madiun, 16 Maret lalu. ‘’Sebelum berangkat sebenarnya kami sudah mendapat izin dari dinas pendidikan dan dinas kesehatan setempat. Karena kondisinya semakin mengkhawatirkan, kami akhirnya disuruh pulang,’’ kata pria 32 tahun itu.

Perintah segera pulang ke Madiun itu diterimanya saat bus masih transit sarapan dan mandi di Tanah Lot, Tabanan, Bali. Pagi itu rombongannya memang baru tiba di Bali lantaran sebelumnya sempat kunjungan ke Universitas Brawijaya (UB) Malang. ‘’Saat itu kami belum sempat reservasi dan berwisata. Jadi, kontak dengan orang lain masih minim,’’ ujarnya.

Sejak saat itu pula, pekerjaan Rangga di dunia pariwisata berhenti total. Lebih dari tiga bulan insan pariwisata terdampak pandemi Covid-19. Seluruh jasa transportasi pariwisata tak diperbolehkan beroperasi ke luar kota. ‘’Banyak teman-teman banting setir. Saya pun sempat jualan mi ayam,’’ tuturnya.

Rangga akhirnya mencetuskan gagasan bus kafe. Demi menyiasati kondisi ekonomi yang semakin kelimpungan beberapa bulan ini. Jika hanya mengandalkan tabungan, tidak tahu sampai kapan bisa bertahan. ‘’Gagasan ini jadi tantangan tersendiri untuk kami,’’ terang pria asli Sugih, Maospati, Magetan, itu.

Konsep coffe on the bus yang diujicobakan pada 3 dan 5 Juli itu untuk menghidupkan wisata. Sempat status zona hijau di Kota Madiun dijadikan momen kebangkitan. Saat ini, Rangga tengah mengurus izin pengoperasian transbuck bus cafe. Uji cobanya telah dilakukan untuk evaluasi ke depannya. ”Jika hanya menawarkan suasana keliling kota, mungkin orang akan biasa. Lalu kami tawarkan sesuatu yang berbeda, keliling sambil minum kopi di dalam bus,” ungkapnya. *** (fin/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close