Pacitan

Ramadan tanpa Peraturan Operasional THM?

PACITAN – Ramadan telah tiba. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sejumlah daerah menerapkan aturan khusus untuk menghormati bulan suci umat Islam ini. Namun, itu belum berlaku di Pacitan. Hingga H-1 Ramadan kemarin (5/5), pengelola tempat hiburan malam (THM) belum menerima surat edaran (SE) aturan jam operasional. ‘’Sampai saat ini belum ada,’’ kata Andri Purnomo, manajer Marcopolo Bar and Karaoke, Ivanka Movie Home, dan Coffe Shop and Biliard.

Andri memang telah berencana menutup tempat usahanya. Tujuannya untuk menghormati bulan Ramadan. Apakah akan tutup total? Dia  justru bimbang. Dia masih menunggu aturan resmi dari Pemkab Pacitan, khususnya satuan polisi pamong praja (satpol PP) setempat. ‘’Kami tahu isi pemberitahuan dari satpol PP itu,’’ ujarnya.

Dia pun heran. Pasalnya, hingga kemarin SE itu belum juga diterima. Padahal, tahun sebelumnya yang diserahkan sekitar sepekan sebelum Ramadan. Bahkan, para pengelola THM juga dikumpulkan untuk mendapat pengarahan. ‘’Biasanya tujuh hari sebelum puasa sudah. Tapi kali ini belum,’’ herannya.

Apakah THM lain juga belum menerima SE ini? Andri tidak tahu menahu. Sebab, dia belum mencari informasi pengelola THM lain di Pacitan. Dia memilih menunggu SE resmi di satpol PP. Dia berharap bisa segera disampaikan. ‘’Kami juga tidak ingin disebut melanggar,’’ tambahnya.

Kepala Satpol PP Pacitan Widy Sumarji belum bisa dikonfirmasi. Sedangkan Jumat (3/5) lalu, Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Pacitan Samsul Hadi menyebut aturan jam operasional THM sudah dibuat hari itu. Sebelumnya aturan tersebut juga dibahas bersama Polres Pacitan.

Namun, saat dimintai salinan SE dan isi aturan operasional THM selama Ramadan dia berdalih masih menunggu dari bidang kententraman dan ketertiban (trantib) satpol PP. ‘’Saya konfirmasi bidang trantib dulu,’’ janjinya waktu itu  yang hingga kemarin belum ada jawabannya. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button