Advertorial

Raih Green Leadership Nirwasita Tantra 2020, AR: Bukti DPRD Kota Madiun Konsisten Dorong Pemenuhan RTH

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sukses Pemkot Madiun meraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI ’’menular’’ ke lembaga legislatif setempat. DPRD Kota Madiun turut diganjar penghargaan yang sama.

Berbeda dengan Maidi yang datang langsung ke ibu kota, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya (AR) BMS menerima penghargaan tersebut secara virtual. KLHK RI menilai DPRD Kota Madiun sebagai lembaga legislatif telah bersinergi baik dengan eksekutif untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman. ‘’Penghargaan ini menjadi batu lompatan bagi Kota Madiun untuk terus mempertimbangkan faktor lingkungan dalam setiap pembangunan,’’ kata AR, Rabu (16/6).

AR menjelaskan, tersedianya lingkungan yang baik bagi masyarakat berpengaruh terhadap berbagai sektor. Mulai kesehatan, ekonomi, pendidikan, hingga harapan hidup. Karena itu, pihaknya mendorong sekaligus mendukung upaya pemkot mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan. ‘’Termasuk mendorong pemenuhan RTH (ruang terbuka hijau, Red) 30 persen,’’ ujarnya.

Ya, pada pasal 29 ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang disebutkan bahwa proporsi RTH di sebuah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah daerah setempat. Saat ini capaian RTH di Kota Madiun sekitar 45 persen dari target yang dipatok. ‘’Penghargaan ini memotivasi kami maupun eksekutif untuk mengejar target pemenuhan RTH,’’ tuturnya.

Di sisi lain, AR mengapresiasi kinerja Pemkot Madiun terkait penataan lingkungan selama ini. Pun, keterlibatan berbagai pihak mulai masyarakat, perguruan tinggi, hingga ormas dinilai turut berperan atas raihan penghargaan terbaru tersebut. ‘’Kami juga apresiasi dan ucapkan selamat kepada Pak Wali atas penghargaan yang telah diperoleh,’’ ucapnya. (kid/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button