Madiun

Putus Ancaman Banjir Tahunan

Pecah Sumbatan Sungai, Cek Alarm Bencana

Pengerukan sungai digencarkan untuk memutus tren banjir tahunan di Kota Madiun. Sejak beberapa hari terakhir, tumpukan sampah dan ranting bambu dibersihkan agar tak menyumbat saluran sungai.

…………

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun susur sepanjang Kali Piring. Early warning system (EWS) di Bok Malang, Kali Tawangrejo, dan Kali Madiun juga dicek. ‘’Kami upayakan saat hujan deras, sungai tak meluap ke permukiman,’’ kata Kasi Pencegahan Bencana dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Madiun Yanu Budilarto.

Anomali cuaca di pengujung tahun ini patut diwaspadai. Intensitas hujan diperkirakan deras disertai angin kencang. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan. Pengendara motor tak disarankan berteduh di bawah pohon tua yang lapuk. ‘’Kami gencarkan edukasi seputar mitigasi kebencanaan,’’ ujarnya. (mg3/c1/fin)

Sempadan Sungai Rawan Erosi

PENGERUKAN sungai tak cukup dilakukan secara manual. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun menerjunkan alat berat untuk mengeruk endapan saluran air di sepanjang Sukosari, Rejomulyo, dan Klegen. ‘’Pendangkalan sungai disebabkan penumpukan lumpur dan sampah,’’ kata Kepala DPUTR Suwarno.

Meski telah menerjunkan alat berat, DPUTR butuh perjuangan ekstra dalam melakukan pembersihan. Di sejumlah titik, pihaknya kesulitan akses masuk ke saluran. Lantaran di sepanjang bibir sungai telah dipenuhi hunian. ‘’Banyak warga yang membangun rumah di bibir sungai. Alat berat susah masuk,’’ ungkapnya.

Padahal, pembangunan bangunan di sempadan sungai melanggar Perwal 18/2018. Sempadan sungai termasuk kawasan konservasi untuk  perlindungan tepi kanan-kiri sungai yang rawan erosi. Untuk itu, penatagunaan daerah sempadan sungai dilakukan dengan penetapan zona-zona yang berfungsi sebagai fungsi lindung dan budi daya. ‘’Bangunan-bangunan di sempadan sungai mengakibatkan bibir sungai mudah longsor. Jika alat berat tidak bisa masuk untuk mengeruk sedimen, saat air meluap, warga juga yang merugi,’’ pungkasnya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button