Madiun

Pusat Belum Tepati Janji Beri Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Covid-19

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Janji pemerintah pusat untuk memberikan santunan kepada ahli waris korban meninggal Covid-19 hanya sebatas isapan jempol. Pasalnya, enam ahli waris yang telah diusulkan oleh Pemkab Madiun ke Kemensos belum mendapatkan santunan sampai dengan saat ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Anang Kusuma mengatakan santunan kematian tertera dalam Surat Edaran (SE) Kemensos 427/3.2/BS.01.02/06/2020 tentang Perlindungan Sosial bagi Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19. Dalam SE disebutkan bahwa setiap keluarga korban meninggal virus korona berhak menerima santunan Rp 15 juta. ‘’Santunan diberikan oleh pemerintah pusat. Daerah mengusulkan dengan melengkapi berbagai persyaratan administrasi lewat provinsi,’’ ujarnya.

Dari 67 kematian yang tercatat hingga Selasa (26/1), dinsos hanya usul enam. Pun, hingga kini tidak ada kejelasan soal nasib pencairan santunan tersebut. Padahal, sebut Anang, pihaknya telah menyertakan nomor rekening ahli waris kepada pusat. ‘’Prinsipnya daerah sudah mengusulkan. Tersalur atau belum kami tidak memantau. Kebanyakan daerah juga tidak ada tindak lanjut,’’ ungkapnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button