Magetan

Puri Benka Tak Terawat, Jadi Sarang Walet

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Seandainya manusia, Puri Benka mungkin tak henti-hentinya menangis. Bagaimana tidak, bangunan peninggalan zaman penjajahan Belanda itu kini kondisinya terbengkalai. Saking tidak terawatnya, puri di Desa Buluharjo, Plaosan, itu jadi sarang burung walet. ‘’Informasinya, puri ini kosong sejak ditinggal pergi penghuninya yang merupakan keturunan sang pemilik,’’ kata Jojo Priyono, sejarawan Magetan, Jumat (13/12).

Halaman Puri Benka dipenuhi rerumputan liar. Beberapa bagian bangunan ada yang berkarat dan cat dindingnya mengelupas. Bangunan yang kental arsitektur Belanda itu sempat jadi rumah dinas para anggota Polsek Plaosan. Juga dijadikan markas sementara ketika gedung mapolsek direhabilitasi 1984 silam. ‘’Bangunan dulunya milik warga Tiongkok yang terpandang pasa masa penjajahan Belanda,’’ ujarnya.

Jojo mengungkapkan, untuk menjangkau puri harus menaiki anak tangga setelah melewati gerbang utama. Halamannya cukup luas. Dua buah pintu besar untuk masuk ke dalam. Salah satu ruangannya untuk menerima tamu pejabat dan menggelar pesta. ‘’Padahal, kalau dipelihara, bangunan ini bisa untuk belajar sejarah,’’ ucapnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close