Madiun

Punakawan Ikut Rayakan Agustusan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Punakawan ikut merayakan kemerdekaan di Gang Bulu I, Nambangan Lor, Kota Madiun. Orang-orang yang melintas dapat melihat sejumlah tokoh pewayangan di gang itu. Yakni, di sisi tembok sebelah kanan ketika hendak masuk ke lingkungan tersebut. ’’Kami mengerjakan ini sejak awal Agustus, ini masih belum selesai,’’ kata Abdulrahman Bayu Zulfikar, perwakilan karang taruna RT 59 RW 14, Kota Madiun.

Tembok dengan tinggi sekitar tiga meter di sepanjang gang itu seluruhnya akan dikaryakan. Bagian depan belum ada separo yang selesai. Rencananya akan diselesaikan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-74. ’’Kami kebut. Kalau nutut, 17 Agustus nanti penginnya selesai,’’ ujar Bayu.

Selain Semar, Gareng, Bagong, dan Petruk, juga ada tokoh lain yang dilukis di tembok tersebut, yakni Srikandi. Tokoh perempuan yang kuat dengan membawa busur panahnya. Tak lupa mereka totalitas menyambut orang-orang yang lewat, yakni dengan ucapan sugeng rawuh yang berarti selamat datang. ’’Idenya ini dirembuk bersama-sama,’’ tuturnya.

Untuk pengerjaan, mereka tidak menyewa tenaga profesional yang dapat melukis di kanvas besar. Karena warga gang tersebut mempunyai orang-orang yang berbakat di bidang itu. ‘’Yang melukis ini Ari, saya, dan yang lain membantu juga,’’ kata Bayu sembari menunjuk karya Ari, yakni Punakawan.

Tidak kalah menarik, di beberapa sekat tembok bagian kiri setelah gapura terdapat gambaran batik-batik warna-warni. Selang empat sekatan tembok itu, ada gambar superhero Hulk yang belum selesai dikerjakan. ’’Depan kiri ini nanti batik, setelah itu agak ke belakang digambar tokoh-tokoh superhero,’’ paparnya.

Pengerjaan dilakukan mulai sore pukul tiga hingga menjelang magrib. Kemudian dilanjutkan pukul tujuh petang sampai larut malam. Pengerjaan dilakukan oleh hampir seluruh warga. ‘’Kalau Sabtu kemarin kan besoknya libur, kami ngerjain sampai jam tiga pagi,’’ ujarnya.

Bayu berharap, kampungnya bisa lebih indah. Bisa lebih dikenal dan karyanya bersama warga lain bisa dinikmati banyak orang. Mungkin bisa juga tambah ramai dikunjungi orang-orang meskipun sekadar berfoto ria. ‘’Orang lewat pas lihat bisa langsung mikir. Lho, kok bagus, terus nanti foto di situ, di-posting. Jadi tahu semua itu di Gang Bulu,’’ urainya.

Irwan, ketua RT 59 RW 14, Kota Madiun, mendukung penuh kreasi warganya memperindah tembok Gang Bulu I dan II. Bertepatan dengan HUT RI, dia berharap momen ini bisa memupuk kebersamaan dan kekompakan warganya. ‘’Yang tua dan muda bisa kumpul. Menambah rasa peduli terhadap lingkungan,’’ katanya. (mgd/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close