Magetan

Puluhan SD di Magetan Tak Punya Kepsek Definitif

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Puluhan SD negeri di Magetan tak memiliki kepala sekolah (kepsek) definitif. Perkara sulit untuk mencari nakhoda baru mengingat sumber daya yang ada terbatas. ‘’Kebetulan kepala sekolah jenjang SD banyak yang pensiun,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Magetan Suwata, Senin (4/10).

Suwata mengestimasi jumlah SD negeri yang kini tak memiliki kepala definitif lebih dari 40 dan tersebar di 18 kecamatan. Sementara, dari hasil penjaringan untuk menutup kekosongan itu, disdikpora baru mendapat 40 calon. ‘’Mereka sudah menjalani tes administrasi, setelah itu akan didiklat,’’ terangnya.

Sebagai gambaran, terdapat 462 SD negeri di Magetan. Jumlah siswa per tahun pelajaran 2019/2020 lalu mencapai 35.183 anak. Sedangkan jumlah pendidiknya 3.599 orang. Diakui Suwata, jumlah pengajar PNS perlu diperbanyak. Selama ini pemkab banyak bergantung pada guru honorer untuk mengisi pembelajaran.

Kesulitan mengisi kekosongan kepala SD negeri merupakan imbas dari persoalan itu. Mau tidak mau, sekolah yang tak memiliki nakhoda dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt). ‘’Sementara diisi oleh Plt, sambil menunggu diklat calon kepala baru. Yang penting proses pembelajaran tidak terhambat,’’ jelas Suwata. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button