Magetan

Puluhan Lampu Tak Terangi Jalan Provinsi

DPUPR Magetan Tak Berani Perbaiki PJU Pemprov

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Puluhan penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya di jalan provinsi padam. Aset Dinas Perhubungan Provinsi Jatim itu tidak terawat lantaran kepengurusan asetnya di tingkat kabupaten tidak jelas.

Kabid PJU, Peralatan, dan Laboratorium DPUPR Magetan Suroto merasa tidak berwenang mengurusi salah satu bidang yang menjadi tugasnya tersebut. Sebab, PJU yang rusak merupakan aset pemprov. ‘’Kalau kami melakukan perbaikan nanti salah kaprah. Bukan kewenangan kami,’’ katanya.

Suroto menaksir ada 80 PJU tenaga surya milik pemprov yang tidak menerangi kabupaten ini. Khususnya di jalan tembus Cemoro Sewu, Sarangan. Namun, banyaknya keluhan yang masuk tak bisa direspons dengan perbaikan. DPUPR Magetan sudah berkoordinasi dengan dinas terkait, namun belum ada langkah konkret. ‘’Dari dulu kami sebatas membantu pengawasan,’’ ujarnya.

DPUPR semakin tak punya kuasa setelah kelak pengelolaan PJU diurusi Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan. Setelah struktur organisasi baru resmi dibentuk. Setidaknya, koordinasi semakin dekat karena kedua organisasi perangkat daerah (OPD) berada di satu tingkat. Selama ini yang kami tangani hanya PJU di jalan kabupaten,’’ katanya.

Deretan PJU bertenaga surya sudah terpasang di jalur baru Sarangan. Namun, yang terpasang dari sepanjang jalan dekat Telaga Wahyu tak berfungsi. Sementara PJU di jalur lama masih menggunakan lampu LED dengan jaringan listrik. ‘’Sudah ada jaringan mulai Mbah Djoe Resort sampai Cemoro Sewu,’’ ujarnya.

Untuk PJU yang dikelola pemkab, setiap pekan selalu ada laporan kerusakan. Namun, pengecekan tak bisa dilakukan harian. Juga, telah dilakukan penambahan lampu di jalan tikungan yang rawan kecelakaan. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close