Pacitan

Puluhan Desa di Pacitan Belum Terjamah Internet

Pemkab Pacitan Anggarkan Rp 900 Juta untuk Tingkatkan Bandwidth

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Gagap teknologi (gaptek) masih menghinggapi sebagian masyarakat di wilayah pelosok Pacitan. Pasalnya, hingga kini mereka belum bisa menikmati akses internet. Kantong pemkab setempat belum cukup untuk melakukan pemerataan. Kendati alokasi anggaran untuk itu dinaikkan tahun depan.

‘’Ada anggaran Rp 900 juta di APBD 2000. Tapi belum bisa untuk memenuhi daerah yang masih steril dari internet,’’ kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan Rachmad Dwiyanto Rabu (27/11).

Menurut dia, kondisi geografis Pacitan berupa perbukitan jadi kendala. Kondisi ini berakibat tidak meratanya akses internet ke seluruh wilayah. Dia menaksir masih ada sekitar 30 sampai 40 desa dari total 171 desa/kelurahan di Pacitan berstatus blank spot alias belum terjamah internet. Terutama, wilayah pelosok. ‘’Jumlah pasti berapa titik blank spot masih kami petakan. Akhir tahun nanti clear,’’ ujarnya.

Pemetaan daerah blank spot belum bisa ditindaklanjuti tahun depan. Rachmad menyebut pemerataan akses internet bukan perkara gampang. Butuh dana besar. Pun mesti melibatkan pihak ketiga. Sementara dana yang ada belum cukup untuk mengentaskan daerah yang belum terjamah internet. ‘’Jalan satu-satunya dengan v-sat (virtual satellite, Red). Untuk sementara ini, blank spot belum bisa diapa-apakan karena sarana untuk mengangkat internet belum ada, jadi offline dulu. Tapi, kami tetap berusaha, melakukan penjajakan dengan Telkom,’’ paparnya.

Terkait peningkatan alokasi APBD 2020 untuk internet dimanfaatkan untuk meningkatkan bandwidth internet Pacitan. Rachmad mengatakan, saat ini bandwidth Pacitan masih 300 bit per second (bps). Akibatnya, masih ada kawasan yang akses internetnya kadang ada kadang tidak. ‘’Harapannya bisa meningkat jadi 500 mbps atau lebih, supaya yang kawasan plus-minus itu bisa lebih lancar,’’ harapnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button