Madiun

Puluhan ASN Pilih Cerai

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Warga Kabupaten Madiun yang berstatus janda dan duda saban bulan bertambah ribuan. Memprihatinkan lagi, tidak sedikit di antara warga yang memilih jalan bercerai itu tercatat sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Catatan pengadilan agama (PA) setempat, sepanjang Juli lalu total terdapat 1.020 angka perceraian. Dari jumlah itu, 22 di antaranya melibatkan ASN. Termasuk guru serta anggota TNI/Polri. ‘’Kebanyakan dipicu faktor pertengkaran dalam rumah tangga,’’ kata Panitera Muda Hukum PA Kabupaten Madiun Anugerah Bagus Senin (7/9).

Bagus menyebut, penyebab pertengkaran itu didominasi perselingkuhan. Di luar faktor tersebut, perceraian dipicu persoalan ekonomi dan kurangnya perhatian terhadap pasangan. ‘’Biasanya sebelum sidang digelar kami upayakan mediasi,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, selama ini warga mengajukan permohonan cerai ke pengadilan umumnya karena sudah menemui jalan buntu untuk mengurai persoalan rumah tangga. ‘’Kalau sudah mentok, satu-satunya penyelesaian ya di pengadilan,’’ tuturnya.

Bagus menambahkan, khusus pengajuan permohonan cerai dari kalangan ASN harus atas seizin atasan. ‘’Kalau sudah dapat izin langsung diproses,’’ pungkasnya. (mg4/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close