Pacitan

PTM SD di Pacitan Dimulai, Saking Gembiranya, Siswa Datang Lebih Awal

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pemkab Pacitan mengujicobakan 62 SD dan SMP pada hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM). Puluhan sekolah itu dipercaya menjadi pionir selama dua pekan ke depan. Jika tak menjumpai kendala, PTM bakal diratakan ke seluruh sekolah di Pacitan.

Kepala SDN Ponggok Suwardi menyatakan, guru dan siswa antusias menyambut hari pertama sekolah klasikal. Meski jumlahnya dibatasi, sejak pagi siswa mulai berdatangan dengan berseragam rapi. Bahkan, sebagian tiba setengah jam lebih awal dari jam pertama. Tak sabar memulai pembelajaran di dalam kelas setelah 1,5 tahun di rumah saja. ‘’Kami pastikan prokes (protokol kesehatan) berjalan baik,’’ tegasnya, Kamis (2/9).

Setiap siswa diperiksa suhu tubuhnya saat memasuki gerbang sekolah. Mereka diwajibkan mencuci tangan dan memakai hand sanitizer sebelum memasuki kelas. Setiap aktivitas diawasi langsung guru pengampu kelas masing-masing. ‘’Tempat duduk kita pisah-pisah. Kelas yang siswanya di atas 18 anak kita bagi dua hari,’’ terangnya.

Berada di pedesaan, Suwardi mengamini siswanya tak sebanyak kawasan perkotaan. Akumulasinya hanya 92 siswa mulai kelas I hingga VI. Beberapa kelas kurang dari 10 siswa. Hal itu yang membuat sekolah ini berani memasukkan seluruh peserta didik berbarengan. ‘’Kelas satu hanya lima siswa, jadi kita masukkan semuanya,’’ ujarnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button