Magetan

PSS Virtual Era New Normal, Konsep Baru Upacara Penurunan Bendera

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Magetan membuat gebrakan dengan rencana menyelenggarakan Parade Surya Senja (PSS) secara virtual. Upacara penurunan bendera merah putih di lapangan alun-alun Magetan itu bisa disaksikan masyarakat melalui gadget.

Kegiatan tersebut sudah libur dua bulan sejak datangnya pandemi Covid-19 awal Maret lalu. Organisasi perangkat daerah (OPD) itu berencana menggelar kembali di masa menyongsong era normal baru atau new normal.

Kepala Bakesbangpol Magetan Iswahyudi Yulianto menjelaskan, upacara virtual bisa mengurangi kerumunan. Sebab, kegiatan itu ramai ditonton masyarakat. ‘’Bisa digelar tanpa mengurangi rasa kebanggaan siswa yang sekolahnya kebagian tugas,’’ katanya Selasa (2/6).

Jika dengan penggunaan teknologi tidak bisa, Yuli –sapaan Iswahyudi Yulianto– akan mengatur ulang protokol pelaksanaan PSS. Mulai peserta, penampil, dan penonton yang datang. ‘’Kami sudah rapat dan menyiapkan konsep, hasilnya akan diserahkan ke bupati (Suprawoto, Red),’’ ujarnya.

Bila konsep baru Parade Surya Senja disetujui, bakesbangpol segera berkoordinasi dengan pihak-pihak yang ikut terlibat. Seperti dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga (disdikpora); Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Magetan; juga kantor Kemenag. Selain itu, menghubungi instansi lain yang sebelumnya mengutarakan niat ingin ikut terlibat. ‘’Banyak UMKM dan pemdes yang ingin bergabung karena meyakini parade menjadi spot perekonomian baru,’’ terang Yuli. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close