Madiun

PSM Madiun Mati Suri (Lagi)

Minim Dukungan Finansial, Mundur dari Liga 3 Jatim

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sepak bola di Kota Madiun mati suri. Tidak ada nama PSM Madiun di grup Liga 3 Jatim 2021. Salah satu klub pendiri PSSI itu memutuskan mundur dari kompetisi regional sehari sebelum pengundian dilakukan Asprov PSSI Jatim pada Rabu lalu (8/9).

Mundurnya klub berjuluk Banteng Wilis itu tentu mengundang tanya. Karena pada Juni lalu PSM Madiun telah diakusisi investor anyar. Tapi, Ketua Askot PSSI Madiun Nono Djatikusumo menilai manajemen dari Salatiga itu wanprestasi. ‘’Saya meminta maaf kepada suporter dan masyarakat Kota Madiun atas mundurnya PSM dari kompetisi Liga 3 Jatim musim ini,’’ katanya, Sabtu (11/9).

Nono mengaku keputusan mundur dari kompetisi regional tersebut telah dipertimbangkan sebelumnya. Dengan harapan, agar PSM Madiun terhindar dari sanksi larangan berkompetisi dua musim dari Asprov PSSI Jatim. ‘’Sehari sebelum drawing itu, saya sempat dihubungi oleh pihak Asprov,’’ ungkapnya.

Dalam pembicaraan lewat sambungan telepon itu, pihaknya disarankan untuk mengundurkan diri. Saran tersebut berkaitan dengan ketidaksiapan manajemen PSM Madiun dalam hal pendanaan operasional tim. ‘’Setidaknya dibutuhkan anggaran sekitar Rp 400 juta untuk sekali berkompetisi,’’ ungkapnya.

Nono mahfum dana sebesar itu sulit dicukupi dalam waktu singkat. Pihaknya juga sempat berkonsultasi dengan pihak manajemen PSM Madiun. Tapi, mereka sulit menyanggupi tuntutan tersebut. ‘’Saya tidak apa-apa dijadikan kambing hitam dalam hal ini. Tapi, perlu diingat kalau dipaksakan berkompetisi musim ini, justru akan memberatkan PSM. Karena memang tidak ada dana,’’ terang mantan kepala dispendukcapil itu.

Di sisi lain, kata Nono, pada tahun ini PSM Madiun tidak memperoleh dukungan dana hibah dari Koni. Kondisi tersebut tentu semakin mempersulit keadaan. Sementara tekanan kepadanya begitu besar untuk mengikutkan PSM Madiun di kompetisi Liga 3 Jatim 2021. ‘’Yang penting saat ini adalah PSM Madiun bisa terhindar dari sanksi Asprov dulu. Ke depannya, kami benahi. Sehingga, bisa berpartisipasi di musim 2022,’’ katanya. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button