Madiun

PSHW Tunas Muda dan PSHT Pusat Madiun Sepakati Tidak Ada Pengerahan Massa

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tradisi Suroan maupun Suran Agung selama bulan Muharam (Sura) diganti tirakatan. Kegiatan perayaan yang memobilisasi massa dilarang selama PPKM level 4 dan 3. Dua perguruan pencak silat terbesar di Kota Madiun sepakat tidak menggelar kegiatan rutin mereka. Keputusan itu diambil sebagai bentuk keprihatinan bersama di masa pandemi.

Ketua Umum PSHT Pusat Madiun Moerdjoko menegaskan bahwa tahun ini tradisi nyekar atau ziarah makam ditiadakan. ‘’Diganti tirakatan di wilayah masing-masing dengan prokes ketat. Saya mengajak agar disiplin dan mendukung upaya pemerintah,’’ kata Moerdjoko, Selasa (3/8).

Pihaknya bakal menindaklanjuti dengan surat edaran ke seluruh cabang maupun ranting sebagai pedoman bersama. Doa bersama maupun tirakatan juga wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Sedangkan, untuk pengesahan warga baru disesuaikan dengan ketentuan pemerintah daerah masing-masing. Moerdjoko menyebutkan, total 4.500 warga baru baik dari Kota maupun Kabupaten Madiun yang akan disahkan. Pelaksanaannya bertahap selama satu bulan. ‘’Cukup tirakatan di rumah masing-masing, nanti ada surat edarannya,’’ tegasnya.

Senada diungkapkan Ketua Umum PSHW Tunas Muda Agus Wiyono Santoso. Seperti tahun lalu, dipastikan tidak ada kegiatan Suran Agung tahun ini. ‘’Seperti tahun lalu, selama masih pandemi, kegiatan Suran Agung ditiadakan. Kepada saudara seasuhan, patuhi dan ikuti prokes yang menjadi aturan pemerintah untuk memutus sebaran Covid-19,’’ imbau Mas Win, sapaan akrabnya.

Dia mengungkapkan bahwa pertengahan Agustus nanti ada kenaikan tingkat. Jumlahnya sekitar 500 warga dan dilaksanakan dalam lima tahap. Itu untuk membatasi peserta agar tidak berkerumun. Pun prokes dijalankan dengan ketat. ‘’Akan ada surat imbauan ke seluruh wilayah cabang maupun ranting,’’ tuturnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button