Advertorial

Proyeksikan Ekonomi Kota Madiun 2022 Tumbuh 2 Persen

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Madiun tahun 2022 bakal disusun secara aktual. Salah satu aspek yang dipertimbangkan dalam perencanaannya adalah kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Mulai tingginya pengangguran, imbas maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK), hingga tergerusnya industri kecil.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan seiring dengan proses vaksinasi yang semakin meluas dan pengembangan infrastruktur daerah tentu akan memberikan stimulus besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan pertimbangan tersebut, pemkot memproyeksikan pertumbuhan ekonomi daerah pada tahun depan bisa mencapai 2–3 persen.

‘’Peningkatan ekonomi ini menjadi skala prioritas. Intinya tahun 2022 itu menyempurnakan apa yang sudah dikerjakan di tahun 2021. Covid-19 direm, tapi ekonomi digas,’’ katanya disela-sela acara musrenbang RKPD 2020 di Sun Hotel Madiun, Kamis (18/3).

Dia menyadari pertumbuhan ekonomi itu nantinya bakal berdampak terhadap perkembangan inflasi di Kota Madiun. Tapi, Maidi memastikan akan menekan kondisi tersebut supaya tingkat konsumsi masyarakat meningkat.

‘’Yang jelas, kami masifkan kegiatan ekonomi berbasis lokal. Jadi, saya menekankan kepada setiap kelurahan untuk meningkatkan potensi wilayahnya masing-masing apa yang bisa digarap. Dari situ nanti kami bantu,’’ ujar mantan Sekda Kota Madiun tersebut.

Ada empat prioritas pembangunan yang bakal dikerjakan pemkot tahun depan. Meliputi penguatan ketahanan ekonomi, sosial, pembangunan infrastruktur perkotaan berbasis lingkungan, dan percepatan reformasi birokrasi.

Dalam prioritas pembangunan tersebut terdapat 143 program kerja perangkat daerah, 367 kegiatan dan 718 sub kegiatan. Adapun asumsi anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 1,41 triliun. ‘’Saya berharap pembangunan yang sudah dirancang pemkot didukung masyarakat. Sehingga, pembangunan dapat berjalan maksimal,’’ harap Maidi. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close