Ngawi

Proyek Revitalisasi PBN Ditargetkan Dimulai September

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Revitalisasi Pasar Besar Ngawi (PBN) tidak lama lagi bakal terealisasi. Pekan depan, proyek yang dibiayai pemerintah pusat dengan anggaran sekitar Rp 109 miliar itu dijadwalkan masuk proses lelang. ‘’Yang melakukan lelang nanti pihak provinsi,’’ kata Kasi Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ngawi Jarot Kusumo Yudo Senin (1/6).

Jarot mengungkapkan, berbagai tahapan prarevitalisasi PBN sudah selesai dilakukan. Mulai pembuatan detail engineering design (DED) mengacu bangunan gedung hijau (BGH) hingga review dokumen. ‘’Sesuai jadwal, proses lelang dilakukan bulan Juni ini,’’ ujarnya.

Jika benar pekan depan masuk proses lelang, realisasi pembangunan fisik PBN diperkirakan bisa dimulai September mendatang. ‘’Mengingat nilai anggarannya yang besar, paling tidak Agustus nanti lelang sudah selesai. Sehingga, September kegiatan fisiknya mulai jalan atau paling lambat Oktober sesuai target pusat,’’ tuturnya.

Bagaimana dengan pembangunan tempat relokasi pedagang? Jarot mengaku tidak mengetahui karena leading sector pembangunannya dinas perdagangan, perindustrian, dan tenaga kerja (DPPTK). ‘’Informasinya, nanti pasar unggas akan dibangun dulu. Sebagian untuk tempat relokasi,’’ paparnya.

Jarot juga mengaku belum mengetahui apakah kegiatan tersebut sudah masuk lelang di unit layanan pengadaan (ULP) atau belum. ‘’Mestinya pihak terkait segera menyiapkannya. Masa dapat bantuan anggaran sebesar itu tidak siap,’’ imbuhnya.

Sekadar diketahui, pemkab mendapat bantuan sekitar Rp 101 miliar untuk revitalisasi PBN. Belakangan, nominal tersebut ditambah Rp 8 miliar untuk dana cadangan. Luas bangunan PBN baru direncanakan sekitar 10.500 meter persegi dan mampu menampung sebanyak 1.098 pedagang. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button