Madiun

Proses Seleksi Anggota Paskibra, Separo Pendaftar Tereliminasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – HUT ke-76 RI masih sekitar tiga bulan lagi. Kendati demikian, seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera (paskibra) sudah mulai digelar. Seperti biasa, dalam proses penjaringan pemkot menggandeng TNI dan Polri.

Pendaftar calon anggota paskibra kali ini tercatat sebanyak 420. Setelah dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan dan seleksi administrasi, dari jumlah itu 50 persen alias separonya tereliminasi. ”Lalu disaring lagi menjadi 100 dan nanti menyisakan 78 anak,” kata Sersan Mayor Johan Ari Wibowo, tim seleksi dari Kodim 0803/Madiun, Jumat (30/4).

Ari menjelaskan, peserta putra harus memiliki tinggi badan minimal 165 sentimeter dengan berat badan proporsional. Sedangkan untuk putri minimal 160 sentimeter. Peserta yang lolos, selanjutnya dinilai performa masing-masing. Di antaranya kesigapan dalam bertindak dan berpikir serta kegiatan baris-berbaris. ”Besok (hari ini, Red) seleksi final sampai menyisakan 78 anak plus cadangan, dilanjutkan latihan,” tuturnya.

Terpisah, Wali Kota Madiun Maidi mengatakan bahwa sejauh ini belum ada kejelasan apakah peringatan HUT ke-76 RI diperbolehkan diwarnai kegiatan upacara atau tidak. Meski begitu, pihaknya tetap menyiapkan anggota paskibra. ”Boleh tidaknya mempertimbangkan situasi dan kondisi pada Agustus nanti,’’ ujarnya. ‘’Mungkin ada upacara dengan peserta terbatas atau ada kebijakan lain,” imbuhnya. (mg2/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button