Ngawi

Progres Renovasi Monumen Soerjo Sentuh 40 Persen

Tetap Pertahankan Unsur Historis

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Renovasi Monumen Soerjo mulai berjalan. Pengerjaan proyek yang ditangani kontraktor di bawah bendera Hargodumilah Group (HG) itu saat ini telah mencapai 40 persen.

Hariyanto, pimpinan HG, mengatakan bahwa Monumen Soerjo dengan wajah baru diarahkan untuk wisata edukasi dan sejarah. Pun, kelak puluhan pedagang pasar burung dekat lokasi tersebut tetap dilibatkan. ‘’Serta akan kami lakukan penataan,’’ kata Hariyanto.

Meski bakal dikenai sejumlah polesan, unsur historisnya tetap ditonjolkan. Rencananya, ikon utama berupa patung Gubernur Soerjo tetap dipertahankan. Ditambah bangunan pendapa dan museum gubernur pertama Jatim itu. ‘’Supaya kesan sejarahnya semakin kuat,’’ sebutnya.

Tak hanya itu, kelak juga dibangun arena outbound, waterboom, dan resor. Juga kebun raya berisi aneka jenis tanaman dari dalam maupun luar negeri. Sedangkan dalam jangka panjang, luasan lahan bakal ditambah dari 16 menjadi 25 hektare.

‘’Target kami bisa jadi objek wisata nasional, sekaligus tempat yang nyaman untuk pengendara beristirahat dan berbelanja,’’ ujar Hariyanto sembari menyebut sebelum Lebaran mendatang destinasi wisata itu sudah di-launching.

Untuk merenovasi Monumen Soerjo, pihaknya menyiapkan dana sekitar Rp 4 miliar. ‘’Jadi, nanti di Ngawi tidak hanya Srambang dan (air terjun) Suwono, tapi juga ada Monumen Soerjo dengan wajah baru,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close