Ngawi

Progres Capaian Vaksinasi Ngawi Urutan ke-22 Se-Jatim

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Progres vaksinasi Covid-19 di Ngawi belum memuaskan. Realisasi imunisasi darurat itu secara umum baru menyentuh 33,3 persen per Rabu (13/10). Persentase itu menempatkan kabupaten ini berada di urutan ke-22 dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur. Alias terendah ke-17.

Dinas kesehatan (dinkes) berdalih pasokan vial dari pemerintah pusat dan Pemprov Jatim krusial untuk mempercepat vaksinasi. Sementara pembagian alokasi dosis ke daerah menerapkan skala prioritas. ‘’Distribusi vaksin diprioritaskan ke daerah zona merah,’’ kata Sekretaris Dinkes Ngawi Heri Nur Fachrudin, Kamis (14/10).

Heri menerangkan, pemerintah pusat memfokuskan percepatan vaksinasi di daerah yang tingkat penularan virusnya tinggi. Tujuannya segera menurunkan kasus di daerah tersebut. ‘’Surabaya dan Sidoarjo, misalnya, mendapatkan jatah vial lebih banyak karena menjadi klaster persebaran Covid-19,’’ ujarnya.

Bukan hanya zona merah, besar kecilnya alokasi vial juga mengikuti sasaran penerima imunisasi di sebuah daerah. Semakin banyak penerima, maka jatah juga lebih besar. ‘’Jumlah vial yang didistribusikan ke Ngawi setiap bulannya tidak menentu,’’ ucapnya. (sae/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button