AdvertorialMadiun

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa KKN-T Bina Komunitas UNIPMA di Kelurahan Banjarejo

MADIUN – KKN Tematik Bina Komunitas adalah program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) yang bekerja sama dengan kelompok sekunder yang terdiri dari komunitas atau ormas baik di lingkungan resmi Pemerintah Daerah maupun lingkungan sosial lainnya.

Program ini memiliki tujuan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan praktis dan meningkatkan kemampuan interpersonal skil atau soft skills mahasiswa dalam mengaplikasikan teori yang diterima di perkuliahan.

Kelompok II KKN Tematik Bina Komunitas sendiri memilih PKK Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun sebagai tempat untuk berbagi ilmu dengan maksud bahwa di Kelurahan tersebut seluruh masyarakat nya dan pengurus PKK nya sangat aktif dalam segala kegiatan  serta memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan, hal tersebut menjadi nilai tersendiri bagi kelompok II, karena dengan keaktifan pengurus dan masyarakat yang ada akan mempermudah jalan nya program kerja yang sudah kita susun sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, KKN Tematik Bina Komunitas yang dilaksankan mulai tanggal 15 Januari 2020 dan berakhir 23 Februari 2020 berjalan dengan sangat baik dan lancar, kegiatan sosial kemasyarakatan pun mendapat dukungan dari semua pihak di Kelurahan Banjarejo dan masyarakat.

Kegiatan yang telah terlaksana oleh kelompok II KKN Tematik Bina Komunitas di Kelurahan Banjarejo antara lain yaitu, kegiatan Juru Pemantau Jentik (Jumantik), kegiatan Posyandu Balita dan Lansia, kegiatan Bimbingan Belajar, kegiatan MTQ, kegiatan Go Green, kegiatan Pengecekan Kesehatan, kegiatan Bank  Sampah, kegiatan Bercocok Tanam Hidroponik dan Pembelajaran di PAUD Mutiara.

Selain kegiatan sosial kemasyarakatan tersebut, Kelompok II KKN Tematik UNIPMA di Kelurahan Banjarejo juga melaksanakan kegiatan yang bersifat edukasi & problem solving sesuai dengan program studi mahasiswa, dalam kelompok ini terdapat 3 Prodi yaitu Prodi Akuntansi, Prodi Manajemen dan Prodi Pendidikan Bimbingan & Konseling. Untuk mahasiswa Prodi Akuntansi melaksanakan kegiatan pendampingan dan Problem Solving dalam penyelesaian nasabah macet di Koperasi Wanita Sejati yang berada di Kelurahan Banjarejo, kemudian mahasiswa Manajemen melaksanakan kegiatan pemasaran produk dari Bank Sampah yang ada di Kelurahan Banjarejo, kemudian untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bimbingan & Konseling melaksanakan kegiatan Parenting dalam pola asuh anak usia dini.

Sebagai penutup kegiatan, KKN Tematik Bina Komunitas di Kelurahan Banjarejo juga mengadakan kegiatan Senam Bersama yang di ikuti oleh Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Ketua Tim Penggerak PKK Banjarejo, seluruh Kader PKK dan masyarakat .

Meskipun dengan batasan waktu yang ada, tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa kelompok II KKN Tematik Bina Komunitas, dukungan seluruh pihak menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam kegiatan ini. (anggiyan)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close