Pacitan

Program Mudik Gratis Laris Manis

PACITAN – Armada mudik gratis dari Pemprov Jawa Timur tujuan Pacitan laku keras. Dari 11 armada bus dan 605 tempat duduk yang tersedia seluruhnya terisi. Bahkan, sejak dibuka pendaftaran secara online 22 sampai 30 April lalu, langsung ludes. Syaratnya hanya foto kopi e-KTP dan kartu keluarga (KK). ‘’Semua terisi penuh. Dari daftar Dishubprov Jatim di Surabaya,’’ jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan Wasi Prayitno kemarin.

Para pemudik dari Surabaya tujuan Pacitan itu diberangkatkan mulai Jumat (31/5) pagi. Tiba di Pacitan menjelang sore. Perjalanan Surabaya- Pacitan sekitar enam sampai tujuh jam. Bukan hanya mudik. Tiket balik gratis pun sudah ludes. Untuk balik jumlah armadanya 12 bus. Terdiri dari 720 tempat duduk. Masing-masing direncanakan berangkat dari Pendopo Pacitan sekitar pukul 21.00 Sabtu (8/6). ‘’Apakah diberangkatkan Bupati kami belum tahu,’’ imbuhnya.

Selain Pemprov Jatim, sejumlah lembaga pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN) dan swasta juga melayani mudik gratis bagi warga Pacitan yang merantau di luar daerah. Terbukti dengan kedatangan pemudik di Terminal Bus Tipe A Pacitan menggunakan 13 bus dari Jakarta sekitar pukul 03.00 lalu (31/5).  ‘’Mereka peserta mudik gratis dari Jasa Raharja dan BUMN lainnya,’’ jelasnya.

Dia menyebut puncak mudik, khususnya melalui program mudik gratis terjadi Kamis (30/5) dan Jumat (31/5). Pasalnya pada hari-hari mendekati libur lebaran tersebut keinginan mudik sangat tinggi. Alasannya agar waktu di kampung halaman lebih panjang. Terlebih keberangkatan tersebut sesuai jadwal program mudik. ‘’Jadi pas dengan angan-angan pemudik,’’ tambahnya sembari menyebut puncak arus balik reguler Sabtu (1/6) dan Minggu (2/6).

Sedangkan untuk puncak arus balik, diperkirakan pada dua hari terakhir libur lebaran. Yakni Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6). Pasalnya Senin (10/6) mereka sudah harus kerja. Bahkan kewajiban masuk hari pertama juga ditegaskan melalui Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). ‘’Dengan begitu mereka berusaha paling tidak senin pagi sudah bisa masuk kerja,’’ tuturnya. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button