AdvertorialPacitan

PROGRAM CSR PT PJB UBJOM PLTU PACITAN TAHUN 2019

LESTARIKAN LINGKUNGAN BANGUN EKONOMI KERAKYATAN

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan– Pembangkit Jawa Bali Unit Bisnis Jasa Operation and Maintenace (PJB UBJOM) PLTU Pacitan menunjukkan kepedulian kepada lingkungan masyarakat di sekitarnya. Hal tersebut dibuktikan dengan bantuan Corporate Social Responbility (CSR) sebagai tanggungjawab perusahaan yang diberikan selama ini. ”Semenjak perusahaan kami beroperasi Tahun 2012, kami mulai memberikan bantuan CSR pada Tahun 2015. Sehingga kami ikut merangkul rekan-rekan warga  sekitar,” ungkap Manajer Keuangan dan Adminitrasi PT PJB UBJOM PLTU Pacitan Bayu Ian Kusuma.

Program CSR terbagi menjadi empat. Empowerment melalui pemberdayaan masyarakat, capacity buliding dengan peningkatan kapasitas masyarakat, infrastructure dengan pembangunan fisik dan charity melalui bantuan amal. Sebanyak 65 bantuan CSR sudah disalurkan PJB UBJOM PLTU Pacitan selama setahun terakhir.

Bantuan tersebut diwujudkan dengan berbagai kegiatan meliputi pemberian bantuan air bersih kepada warga Desa Sumberejo, pembinaan batik sendang arum, gerakan peduli resapan air atau biopori, doa bersama dengan warga Desa Sukorejo dan Sumberjo, festival tari kresi baru, peletakan batu pertama pengembangan Eco Wisata Cagak Telu, pembagian sebmbako kepada kaum duafa, pembangunan rumah Alquran, pemeriksaan kesehatan secara gratis di lima desa, sosialisasi bahaya narkotika hingga turnamen bola voli PJB Cup. Sasaran program CSR terbagi tiga ring. ”Ring satu meliputi Desa Sukorejo dan Sumberejo, ring dua seluruh desa di Kecamatan Sudimoro dan ring tiga seluruh wilayah se-Kabupaten Pacitan, ” tambahnya.

Selain jangka pendek, program CSR yang diberikan juga bersifat berkelanjutan dan jangka panjang. Misalnya program binaan pembuatan batik sendang arum, kain majun dan produksi kripik pisang. Sejak bantuan digulirkan, program binaan tersebut menurutnya terus berjalan hingga saat ini. ” Program binaan bantuan CSR itu adalah upaya  kami sebagai bentuk empowerment untuk meningkatkan kemampuan daripada masyarakat, ” bebernya.

PT PJB UBJOM PLTU Pacitan menerapkan prinsip people, planet dan profit. People bagaimana memberdayakan masyarakat hingga akhirnya hasilnya kembali kepada masyarakat tersebut. Prinsip planet dengan kegiatan yang berdampak pada lingkungan melalui penghijauan pemeliharaan DAS dan sebagainya. Sementara profit tentang bagaimana mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. ”Prioritas pertama kami kepada manusia, kedua adalah planet, bagaimana konsevasi dan perbaikan lingkungan dan yang terakir adalah profit, ” tegasnya.

Supervisor Senior Umum dan CSR PT PJB UBJ O&M PLTU Pacitan Bob Sumarno mengungkap program CSR bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran. Terutama masyarakat di sekitarnya. Selebihnya menekan angka kemiskinan dan meningkatan pendidikan masyarakat. ”Pengurangan pengangguran di lingkungan sekitar menjadi prioritas. Termasuk mencerdaskan masyarakat sekitar, ” tambahnya.

Sementara itu, General Manager PJB UBJOM PLTU Pacitan Maryono sangat mendukung berbagai program CSR yang telah digelar. Menurutnya program CSR disebutnya bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Baik secara infrastruktur, ekonomi dan skill. Pasalnya, PJB UBJOM PLTU Pacitan bagian dari sosial masyarakat sekitarnya. ”Mohon dukungan dari pemerintah dan masyarakat sekitar melalui hubungan simbiosis  mutualisme ini. Kita harus berjalan bersama-sama, ” tuturnya. (ti2/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close