Madiun

Problem Ring Road Barat Belum Tersolusikan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kepastian rasa aman bagi pengendara saat melewati Ring Road Barat masih gelap. Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) batal menggelar pertemuan pekan ini.

Padahal, Satlantas Polres Madiun Kota telah mengirim permintaan diadakan FLLAJ ke dinas perhubungan (dishub) setempat sejak minggu lalu. Demi mengurai dan menekan angka kecelakaan di jalan semi bebas hambatan tersebut. ‘’FLLAJ itu penting karena Ring Road Barat masuk kategori rawan kecelakaan,’’ kata Kasat Lantas Polres Madiun Kota AKP Budi Cahyono.

Sedianya, FLLAJ mempertemukan berbagai pihak terkait kelalulintasan. Mulai satlantas, dishub, dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR), PLN, dan lainnya. Dalam pertemuan itu bakal dikaji tentang permasalahan yang ada. ‘’Kami berharap minggu mendatang dapat dilaksanakan,’’ ujarnya menyebut kewenangan menggelar pertemuan menjadi tanggung jawab dishub.

Ada beberapa poin yang perlu digarisbawahi dalam FLLAJ. Pertama, solusi untuk menekan angka kecelakaan di Jalan Ring Road Barat. Termasuk menjawab pertanyaan bagaimana memberikan perlindungan kendaraan terkecil baik bermotor maupun non bermotor. ‘’Kami juga sudah tampung masukan masyarakat untuk disampaikan di forum itu,’’ sambung Budi.

Kedua, mengacu dari masukan masyarakat, terutama harapan keluarga korban. Agar di titik lembaga pendidikan diberi tanda zona selamat sekolah (ZoSS). Juga, ditempatkan petugas saat jam sibuk. Baik jam berangkat maupun pulang sekolah. ‘’Untuk kemungkinan penambahan jalur black spot nanti juga dibahas,’’ tuturnya.

Ketiga, mengkaji tentang penambahan zona black spot di jalur tersebut. Budi menyebut bahwa hal itu tidak mustahil. Tergantung tingkat kerawanan kecelakaan di jalur yang biasa dilalui bus itu. Pun tergantung dari pembahasan dalam forum. ‘’Selama ini kita punya jalur black spot satu titik,’’ sebutnya.

Budi menyatakan, area black spot di kota ini berada di Jalan Raya Jiwan-Solo Km 171-172. Nah, apakah Ring Road Barat turut ditandai sebagai black spot, itu tergantung hasil kajian dan pembahasan FLLAJ. ‘’Harus segera diurai agar kecelakaan di jalur tersebut dapat ditekan,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close