Magetan

Prioritaskan Markas Damkar Karangrejo

Sering Kebakaran, Cover 4 Kecamatan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Magetan prioritaskan pembangunan markas damkar di Kecamatan Karangrejo. Awalnya, direncanakan di Karangrejo dan Kawedanan. Pertimbangannya, kawasan Karangrejo lebih sering terjadi kebakaran. ‘’Kami ajukan di perubahan anggaran keuangan Rp 40  juta,’’ kata Kasatpol PP-Damkar Magetan Chanif Tri Wahyudi Selasa (14/9).

Markas Karangrejo bakal meng-cover sekitar empat wilayah kecamatan. Yakni, Barat, Kartoharjo, Karas, dan Karangrejo. Tahun-tahun sebelumnya, kebakaran parah terjadi di wilayah ini. Termasuk kebakaran Pasar Mangge, Barat, dan kebakaran rumah di Ngelang, Kartoharjo. ‘’Kerugiannya cukup besar, sehingga kami pertimbangkan markas Karangrejo dibangun dulu,’’ ujarnya.

Lokasi pembangunan sudah disurvei. Yakni, di area parkir kantor camat Karangrejo. Masih perlu sentuhan untuk memperkuat lantai parkiran agar sanggup menahan beban mobil damkar. Atapnya juga harus kokoh dan ditinggikan. Lokasinya cukup strategis karena mobil bisa langsung mendapat akses jalan raya menuju ke wilayah sekitarnya.

Garasi mobil damkar harus bisa melindungi mobil dari panas matahari. Jika belum ada tempatnya, pihaknya belum berani menyiagakan mobil di tempat yang sudah direncanakan karena risiko kerusakan. ‘’Sementara ini baru kami siapkan personelnya, karena ada dua mobil damkar baru dengan teknologi yang lebih canggih,’’ ungkap Chanif sembari menyebut menyiagakan satu unit mobil rescue dan satu unit mobil suplai air serta dua personel di markas Karangrejo.

Sedangkan empat truk yang bakal disiagakan di luar markas komando pemadam kebakaran (mako damkar) ditempatkan di  Jalan Hasanudin. Ini untuk meng-cover Magetan wilayah barat. Chanif menyebut jumlah tersebut sudah cukup efektif. Meski begitu, idealnya per kecamatan ada. ‘’Sementara anggaran masih dibagi-bagi, kami coba maksimalkan yang sudah ada dulu,’’ terangnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close