Mejayan

Presiden Jokowi Terkesima Varietas Porang Madiun I

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Porang Madiun I betul-betul jadi primadona. Sampai-sampai Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkesima dengan melimpahnya varietas asli Kabupaten Madiun itu. Tak hanya dari sisi produktivitas, tebalnya kantong petani juga membuat Jokowi semringah. ‘’Pengolahan (porang) memberi nilai tambah yang baik bagi petani,’’ kata Jokowi Kamis (19/8).

Jokowi dan rombongan yang didampingi Bupati Madiun Ahmad Dawami meninjau komoditi Porang Madiun 1 usai memberi arahan ke Forkopimda Jatim di Pendapa Ronggo Djumeno. Jokowi sempat bertanya ke petani soal tanaman bernama ilmiah Amorphophallus muelleri itu. ‘’Sehektare (lahan) bisa menghasilkan porang 15 sampai 20 ton,’’ ungkap Jokowi. ‘’Per musim pertama, kurun delapan bulan, bisa sampai Rp 40 juta (pendapatan petani). Sebuah nilai yang sangat besar,’’ imbuh presiden.

Diketahui, lahan dan produksi porang di Kabupaten Madiun terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2019, produksi 20.790 ton dari 3.465 hektare lahan porang. Sementara pada 2020, dari total lahan seluas 5.263 hektare, produksi mencapai 42.104 ton. Tidak menutup kemungkinan, tahun ini luasan maupun produksi bakal bertambah mengingat porang yang tengah booming.

Berbagai langkah dan upaya dilakukan Pemkab Madiun terkait porang. Seperti mematenkan varietas unggulan Porang Madiun I. Tak hanya itu, Bupati Ahmad Dawami kerap menekankan agar petani porang tidak boleh jadi penonton di daerah sendiri. Untuk itu, dilakukan intervensi terkait pengembangan jenis tanaman umbi-umbian tersebut. ‘’Yang menanam porang itu petani, biar mereka merasakan manfaatnya. Industri pasca panennya,’’ tegas Kaji Mbing, sapaan bupati. (den/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button