PacitanUncategorized

PPKM Tak Berkesudahan, Banyak Pekerja Dirumahkan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – PPKM yang terus diperpanjang membuat para pelaku wisata seperti kena prank. Padahal, tak sedikit dari mereka yang mulai menyetok ulang dagangan demi menyambut gelombang pembukaan sektor pariwisata.

Asosiasi Pegiat dan Pelaku Pariwisata (AP3) Pacitan Roni Widya Kurniawan mengungkapkan, penerapan skema PPKM yang diperpanjang hingga berulang seolah memberi harapan kosong. Akan jauh lebih baik jika sejak awal dijelaskan gamblang masa pemberlakuan PPKM. Agar masyarakat tak berharap dan lekas mencari alternatif pekerjaan pengganti. ‘’Kalau sejak awal PPKM ditetapkan, dua bulan misalnya, pelaku usaha bisa bersiap-siap cari kerja lain. Kalau seminggu ditutup kan kita berharap dibuka terus-terusan,’’ ujarnya, Minggu (15/8).

Pengusaha tour agent itu menyatakan bahwa penutupan wisata kali ini tak bisa dibandingkan dengan lockdown setahun silam. Kala itu, tujuh bulan para pelaku usaha ‘’ngempet’’ bertahan di masa pandemi. Mengorek tabungan dan mencari pekerjaan sampingan. Namun, di masa PPKM jilid dua ini tak ada modal tersisa lagi. ‘’Modalnya sudah habis untuk bertahan. Sekarang mau cari penghasilan sudah ditutup lagi wisatanya,’’ ungkap Roni. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button