Madiun

PPKM Darurat, Tutup Total Tempat Hit di Kota Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Mulut replika patung Merlion di Sumber Wangi tak lagi memuntahkan air. Petugas satpol PP memasang garis pembatas berwarna kuning menyerupai police line di area tersebut. Garis pembatas itu juga dipasang di seluruh kursi jalur pedestrian sepanjang Pahlawan Street Center (PSC). Kawasan Malioboro-nya Kota Madiun yang biasanya jadi tempat favorit jujukan pengunjung itu pun sepi.

Pemkot Madiun sengaja menutup total titik-titik sentral keramaian selama pelaksanaan PPKM darurat. Forbidden (larangan) masuk itu berlaku di Sumber Wangi, Sumber Umis, pedestrian Jalan Pahlawan, dan balai kota. Bahkan, Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun yang biasanya untuk Sunday Market juga harus off sementara. ‘’Lantaran tempat itu selalu padat pengunjung,‘’ kata Wawali Kota Madiun Inda Raya (IR) AMS, Senin (5/7).

Penutupan juga dilakukan di Pasar Burung. Menurut IR, penutupan sempat alot. Lantaran para pedagang menghendaki buka dengan pembatasan pengunjung khusus warga Kota Madiun. ‘’Sudah dibahas, tetap kami ketati bahwa tidak boleh buka sama sekali. Pintu ditutup,’’ tegasnya.

Selain itu, Pasar Kotak turut ditutup. Hanya Pasar Jaya yang diizinkan beroperasi lantaran termasuk sektor esensial. Dengan catatan protokol kesehatan (prokes) wajib dijalankan dengan ketat. ‘’Tempat-tempat yang sekiranya ada akses masuk dan bukan sektor esensial kami tutup sementara,’’ jelasnya.

IR menyebut, beberapa tempat keramaian sulit ditutup total. Seperti Taman Demangan, Taman Olahraga Gulun, serta ruang terbuka hijau (RTH) lain dengan akses terbuka. Meski begitu, pengawasan diperketat. Salah satunya melalui operasi yustisi rutin. ‘’Yang masih kewalahan tempat terbuka seperti itu,’’ imbuhnya.

Penutupan, selain mengantisipasi kerumunan, juga imbauan kepada masyarakat agar tetap stay di rumah. Kecuali yang berkepentingan mendesak dengan catatan prokes wajib dijalankan. ‘’Baru sehari pelaksanaan PPKM darurat sudah ada monitoring dari pemprov melalui virtual. Jadi, apakah diperpanjang atau tidak, nanti tergantung perkembangan kasus dan kita berharap tidak diperpanjang,’’ tuturnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button