Magetan

PPKM Darurat, Tiap Hari Puluhan Pelanggar Disanksi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga berapa episode pun akan sia-sia jika warganya tak mau patuh. Sejak PPKM edisi darurat digeber 3 Juli lalu, petugas satpol PP dan damkar masih kerap menjumpai puluhan pelanggar protokol kesehatan (prokes). ‘’Kalau dirata-rata ada puluhan per hari,’’ kata Kabid Penegakan Peraturan Perundangan Satpol PP dan Dakar Fery Yoga Saputra, Kamis (7/7).

Korps penegak perda rutin menggelar razia demi menindak para pelanggar. Baik siang maupun malam. Fery mengungkapkan, mayoritas pelanggar prokes bertelanjang muka saat beraktivitas di tempat umum. Khususnya di wilayah pusat kota seperti alun-alun. ‘’Bentuk pelanggaran lain yang cukup sering ditemukan adalah berkerumun,’’ ungkapnya.

Bahkan, kendati selama PPKM darurat alun-alun ditutup setiap malam, tetap saja dapat dijumpai warga yang melanggar prokes. Fery dan para petugas hanya bisa mengelus dada saat menjumpai warga yang hanya menggantungkan masker di dada sedang beraktivitas di sekitaran alun-alun pada malam hari.

Para pelanggar diberi teguran maupun sanksi disiplin seperti push-up untuk memberi efek jera. Petugas juga mengedukasi pentingnya penerapan prokes kepada para pelanggar. Fery berharap, lambat laun masyarakat bisa lebih peduli. ‘’Perlu dipahami bahwa penutupan alun-alun dan kebijakan pengetatan lainnya adalah demi menekan lonjakan kasus positif,’’ tegas Fery. (fat/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button