Advertorial

PPI Madiun Siap Buka Program D4

Lulusan Miliki Peluang Isi Jabatan Manajerial

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Daya saing lulusan Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun bakal melejit. Ini tidak lepas dari upaya kampus mewujudkan program baru, yakni penerimaan mahasiwa untuk sarjana terapan (D4). Langkah upgrade gelar ini disampaikan langsung Direktur PPI Madiun, Amirulloh selepas mendampingi Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto saat meninjau kampus, Sabtu (14/3) lalu. ‘’Penerimaan program D4 ini paling lambat dibuka tahun depan. Dan ini program baru,’’ ujar Amirulloh.

Dia menyebut, dengan menyandang gelar D4 maka lulusan PPI Madiun memiliki peluang besar mengisi jabatan manajerial. Untuk membuka penerimaan jenjang D4 tentu harus memenuhi sejumlah persyaratan. Amirulloh memastikan PPI Madiun sudah lebih dari cukup memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Seperti adanya hasil karya riset terapan, proses pembelajaran, maupun komitmen penyerapan lulusan yang sesuai. ‘’Semua persyaratan sudah dimiliki PPI Madiun,’’ jelasnya.
Hal tersebut juga ditegaskan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto seusai meninjau kampus. Dia pun mengapresiasi langkah PPI Madiun yang telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka program D4. ‘’Semua yang saya lihat sudah komprehensif, link and match sudah sangat diterapkan PPI Madiun,” terang Wikan.

Wikan pun memiliki harapan tinggi agar PPI Madiun menjadi salah satu politeknik penggerak di Indonesia. Sehingga PPI Madiun bisa membantu poltek yang lain untuk maju bersama. Khususnya dalam mengembangkan perkeretaapian. Imbasnya, PPI akan membawa nama Kota Madiun sebagai pusat pengembangan perkeretaapian di Indonesia. ”Saya yakin PPI Madiun bisa menjadi penggerak dalam mencetak ahli – ahli yang akan mengelola aspek perhubungan, khususnya perkeretapaian,” jelasnya.

Sementara, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan Darat, Imran Rasyid menuturkan, langkah pengembangan PPI Madiun juga bagian dari penyeimbang pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia. Agar bisa terwujud maka memerlukan kesiapan SDM yang memadai, khususnya dalam perkeretaapian. ”Mulai dari sarana dan prasarana praktikum, dosen pengajar, dan kerja sama dengan pihak swasta maupun pemerintah daerah terus ditingkatkan di PPI Madiun,” katanya. (rio/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button