Pacitan

Potensi Digoyang Gempa Besar, Kemensos Mulai Kirim Tenda dan Cadangan Pangan ke Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Dihadapkan kebesaran alam, manusia kecil saja. Hanya bisa menerka dan meraba-raba kapan datangnya bencana. Namun, tak bisa benar-benar memastikannya. Karenanya harus berdoa dan berusaha mempersiapkan segala sesuatunya agar senantiasa aman dari mara bahaya.

Kementerian Sosial (Kemensos) menangkap sinyal waspada dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kampung siaga bencana (KSB) Watukarung dipersiapkan untuk meng-cover tiga desa di Pringkuku. Meliputi Watukarung, Candi, dan Poko.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pacitan Sunaryo menyebut bahwa ribuan warga bermukim jauh dari pusat kabupaten. Tak diharapkan mereka kesulitan mencari penyelamatan saat potensi gempa berkekuatan 8 skala Richter (SR) benar terjadi. Akibat terkendala jarak dan sulitnya medan. ‘’Kemensos merespons ini dengan menyiapkan bantuan dan cadangan pangan yang bisa disimpan untuk memudahkan pertolongan sebelum bantuan dari kabupaten datang,’’ ujarnya, Rabu (9/6).

Tiap KSB, lanjut Sunaryo, disuplai sembilan bahan pokok (sembako) dan tenda. Bantuan ini sifatnya untuk mengantisipasi dan terdistribusi jauh hari. ‘’Sebenarnya ini bukan dikhususkan untuk potensi bencana tsunami. Tapi, karena ada kajian itu, jadi pembentukannya kami prioritaskan di pesisir,’’ jelasnya. (gen/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button