Madiun

Posbakumadin Jamin Pembebasan Bersyarat

MADIUN – Puluhan warga binaan Lapas Pemuda Klas II A Kota Madiun semakin melek hukum. Selama dua jam kemarin (23/4), mereka mendapat asupan wawasan dan pengetahuan terkait hak pendampingan hukum sesuai UU RI No.16 tahun 2011 tentang bantuan hukum. Pun, ada pula materi terkait pentingnya etika bermedia sosial maupun pesan elektronik sesuai dengan pedoman UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). ‘’Ini adalah bagian dari penyuluhan hukum serentak dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-55,’’ ujar Ery Soeharyo salah seorang anggota Posbakumadin Madiun kemarin (23/4).

Dijelaskan, bagi warga binaan berhak mendapatkan pendampingan dari pos bantuan hukum Indonesia (posbakumadin). Hal ini sudah dijalankan bersama Lapas Klas I Madiun, sejak tahun 2016. Salah satu upaya di antaranya terkait, hak pendampingan ketika pembebasan bersyarat (PB). ’’Banyak unek-unek yang mereka pendam. Dan perkara (pemahaman hukum) ini tidak sedikit, memang kompleks,’’ jelasnya.

Ery menjelaskan, posbakumadin adalah lembaga yang ditunjuk negara dan berhak memberikan pendampingan hukum kepada masyarakat yang tidak mampu secara cuma-cuma. Terkait warga binaan, bantuan yang bisa diberikan di antaranya menjadi penjamin jika warga binaan mengajukan PB. ’’Kami jadi penjamin dari PB yang diajukan,’’ jelasnya.

‘’Jangan sampai ada pemikiran setelah mereka (warga binaan, Red) kesini (lapas) tanpa ada yang membantu memenuhi hak-haknya,’’ imbuh Ery.

Sementara, Kepala Lapas Klas II Kota Madiun menjelaskan, kegiatan penyuluhan bagi warga binaan itu juga membahas seputar wawasan mengenai justice collaborator (JC) atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum. Itu sebagai bagian dari hak warga binaan. ’’Karena penentuan justice collaborator jadi kewenangan aparat yang berwewenang. Baik dari kejaksaan maupun kepolisian. Kalau dari lapas itu hanya membuatkan surat berdasarkan permohonan dari mereka,’’ terangnya. (dil/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close