NgawiPeristiwa

Diterjang Angin Kencang, 8 Tenda Peringatan HSN Porak-poranda

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Delapan tenda porak-poranda disapu angin kencang sekitar pukul 15.00 Senin (21/10). Sedianya, deretan tenda 4×4 meter itu untuk pengunjung dan pedagang dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ngawi. ‘’Tahu-tahu, angin kencang bertiup dari selatan. Menyapu deretan tenda itu sampai terbalik semua,’’ kata Fathur, seorang saksi mata.

Warga Dungus, Karangasri, Ngawi, itu menduga deretan tenda itu tak diikat tali yang kuat. Dinding kain pelapisnya juga membuat tenda mudah terangkat ketika tertiup angin kencang. ‘’Untungnya pas kejadian itu sepi,’’ ujarnya.

Satu jam sebelumnya, genset sewaan SMAN 2 Ngawi yang digunakan kirab santri di seputaran Masjid An Noor Beran hingga alun-alun terbakar. Kejadiannya, saat iring-iringan kirab sampai di depan Pasar Beran. Genset itu berada di atas mobil pikap B 9312 KAD. ‘’Tidak tahu terbakarnya karena apa. Tahu-tahu, teman-teman di bak belakang menendang genset itu keluar dari mobil,’’ kata Andik, sopir pikap tersebut.

Insiden itu sempat membuat peserta kirab yang berjalan di belakang mobil berhamburan. Warga sekitar dan petugas keamanan lekas melakukan pemadaman dengan peralatan seadaanya. ‘’Awalnya hanya dipukul-pukul pakai ranting pohon, tapi masih nyala. Akhirnya disiram air pakai ember,’’ papar warga Kedunggalar tersebut.

Sekretaris Umum Panitia HSN 2019 PCNU Ngawi Syaiful Bahri mengamini dua insiden yang terjadi kemarin. Namun, tak berdampak serius dan gelaran acara tetap berjalan lancar. ‘’Tenda ambruknya masih siang, jadi pas sepi orang. Genset itu dampaknya hanya sound mati,’’ ungkap guru SMAN 2 Ngawi itu.

Peringatan HSN Ngawi tetap berlangsung meriah. Diikuti 15 ribu santri dari 109 lembaga mulai dari pondok pesentren dan setingkat pendidikan SD hingga SMA. Kirab sepanjang dua kilometer itu dipungkasi salawat bareng Veve Zulfikar. ‘’Kirab baru digelar tahun ini. Antusias peserta luar biasa,’’ pungkasnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button