Ponorogo

Ponorogo Lepas dari Zona Merah

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Umur zona merah persebaran Covid-19 di Ponorogo hanya bertahan hitungan hari. Kemarin (29/6) kondisi berangsur membaik hingga peta zonasi risiko turun menjadi oranye (sedang).

Dari data lansiran Jatim Tanggap Covid-19, skor Ponorogo kemarin mencapai 1,92. Skor itu merupakan akumulasi nilai sejumlah indikator kesehatan masyarakat yang dipakai menentukan peta zonasi risiko. Ada 14 pasien sembuh hingga recovery rate 86,01 persen. Namun, persebaran Covid-19 belum dapat dikatakan melandai lantaran kemarin tercatat tambahan 14 kasus konfirmasi. Kasus aktif masih stagnan di angka 149. Bersamaan itu, tingkat kematian masih tinggi karena mencapai 10,79 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono mengambil langkah cepat dengan menambah kapasitas ruang intensive care unit (ICU) dan ruang isolasi di lima rumah sakit (RS) rujukan pasien Covid. Ada tambahan 10 bed ICU dan 68 ranjang isolasi. Kendati begitu, tingkat keterisian ranjang atau bed occupancy ratio (BOR) masih tinggi. Yakni, 74,19 persen untuk ICU dan 66,00 persen untuk isolasi. Pemkab Ponorogo kemarin juga mendirikan tenda perawatan di RSUD dr Harjono, Ponorogo. ‘’Intinya bagaimana agar pasien Covid-19 tertangani dengan baik,’’ kata Agus Pramono. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button