Ponorogo

Ponorogo Butuh RS Rujukan Khusus Persalinan Pasien Covid-19

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Ibu yang hendak melahirkan kian sulit mengakses perawatan kesehatan. Rumah sakit (RS) rujukan pasien Covid-19 hanya menyediakan satu atau dua bed bagi persalinan perempuan hamil yang terkonfirmasi coronavirus.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengaku prihatin dengan terbatasnya pelayanan untuk keibuan (maternal) dan bayi baru lahir (neonatal) di masa darurat pandemi. ‘’Menjadi PR (pekerjaan rumah, Red) kami. Tidak manusiawi ibu hamil mengalami penolakan dari rumah sakit,’’ kata Sugiri, Jumat (23/7).

Pihaknya berencana mengonversikan salah satu ruangan di RSUD dr Harjono untuk rujukan khusus kasus kegawatdaruratan persalinan dengan protokol Covid-19. Bupati lebih memilih rumah sakit pelat merah itu karena memiliki fasilitas kesehatan yang memadai. ‘’Kalau memilih konversi di rumah sakit swasta akan ada kendala di tataran koordinasinya. Ini juga menyangkut penganggaran, kondisi sudah mendesak karena berurusan dengan keselamatan jiwa ibu hamil beserta janinnya,’’ terang Sugiri. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button