Ngawi

Polisi Kantongi Identitas Pembuang Bayi

Untuk Memastikan Bakal Dilakukan Tes DNA

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Tabir di balik penemuan bayi di teras rumah warga Dusun Banjarejo, Gendingan, Widodaren, Sabtu lalu (2/11) mulai terkuak. Setelah melakukan penyelidikan dan pemeriksaan sejumlah saksi, polisi akhirnya mengantongi identitas ibu bayi berjenis kelamin laki-laki itu. ‘’Tapi, masih kami lakukan pendalaman,’’ ujar Kapolsek Widodaren AKP Munaji Senin (4/11).

Munaji mengatakan, untuk memastikan perempuan itu benar-benar ibu biologis bayi itu harus melalui tes DNA. Pun, membutuhkan waktu tidak singkat. ‘’Si ibu (terduga, Red) sudah diperiksa secara medis. Hasilnya, dari ciri fisik ada tanda-tanda baru melahirkan,’’ ungkapnya.

Munaji menuturkan, pihaknya juga telah mengantongi data administrasi persalinan dari salah satu rumah sakit di Sragen, Jawa Tengah, yang mengarah pada bayi yang ditemukan di Gendingan itu.

‘’Tapi untuk penyimpulan perkara karena menyangkut anak, itu otoritasnya ada di UPPA (unit perlindungan perempuan dan anak, Red) polres. Kami segera limpahkan ke sana,’’ paparnya sembari menyebut pihaknya terus menelisik kemungkinan adanya pelaku lain serta pencarian ayah bayi tersebut.

Apa motif pembuangan bayi itu? Munaji menduga sang ibu malu lantaran melahirkan di luar nikah. Pun, jabang bayi sengaja ditinggal di rumah warga dengan harapan pemiliknya merawat hingga dewasa.

Sementara, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Ngawi Bulkis Hani Restu Luhur mengatakan, rencananya bayi seberat 29 gram dan panjang 49 sentimeter itu bakal dirujuk ke RSUD dr Soeroto. Pertimbangannya, selain keterbatasan tenaga medis dan peralatan di Puskesmas Walikukun, pada bagian kepala bayi itu terdapat luka.

Dia menambahkan, dari kondisi fisiknya bayi tak berdosa itu diduga lahir prematur. ‘’Kami rujuk dulu ke RSUD untuk mendapat perawatan lebih lanjut sambil menungu penyelidikan pihak kepolisian selesai,’’ ujar Bulkis kepada Radar Ngawi.

Diberitakan sebelumnya, sesosok bayi tanpa identitas ditemukan di teras rumah Sukardi, Sabtu lalu (2/11). Bayi ditemukan dalam kondisi terbaring di kasur kecil berselimut bedong. Tak jauh darinya ada tas beserta peralatan bayi lengkap dengan susu dan baju. (gen/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button